PENGARUH PEMBERIAN KUPANG TERHADAP BERAT TELUR DAN BERAT SERTA TEBAL KERABANG TELUR ITIK DI PETERNAKAN BAPAK HIDAYAT DI DESA KEBONSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

ALIFIANA WAHYU ANGGRAINI, 151611213003 (2019) PENGARUH PEMBERIAN KUPANG TERHADAP BERAT TELUR DAN BERAT SERTA TEBAL KERABANG TELUR ITIK DI PETERNAKAN BAPAK HIDAYAT DI DESA KEBONSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FV.PV.29 19 Ang p.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi FV.PV.29 19 Ang p.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus FV.PV.29 19 Ang p.pdf

Download (38kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FV.PV.29 19 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2022.

Download (543kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sektor peternakan merupakan salah satu bidang yang berperan penting dalam penyediaan bahan pakan. Salah satu sektor usaha perunggasan yang cukup berkembang di Indonesia adalah usaha ternak itik. Peternakan itik di Indonesia umumnya bertujuan untuk memproduksi telur. Pemeliharaan itik petelur membutuhkan penanganan dan perhatian khusus sehingga akan menghasilkan itik yang sehat dan produksi telur yang tinggi. Agar produksi bisa optimal, diperlukan perbaikan gizi terhadap bahan pakan. Permasalahan umum yang sering terjadi adalah biaya pakan yang semakin mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah perlu adanya pemanfaatan bahan-bahan pakan alternatif yang layak. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dicarikan pakan tambahan alternatif yang mudah di dapat dan memiliki nutrisi yang tinggi salah satunya adalah kupang dimana kupang mengandung sumber protein dan kalsium (Ca) tinggi. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan berat telur dan berat serta tebal kerabang telur itik maka digunakan perlakuan pemberian pakan tambahan kupang yang berbeda. Metode yang digunakan adalah menggunakan dua perlakuan pemberian pakan terhadap 16 ekor menggunakan pakan tambahan kupang dan 16 ekor tidak menggunakan pakan tambahan kupang.Pada perlakuan pemberian kupang dalam pakan itik menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan pada berat telur dan berat serta tebal kerabang telur itik dibandingkan dengan tidak diberi kupang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PV. 29/19 Ang p
Uncontrolled Keywords: Kupang, Laying Ducks, Egg Weight, Shell Weight, Thick Shell.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Paramedik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
ALIFIANA WAHYU ANGGRAINI, 151611213003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo Hadi Warsito, 0026037002UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 23 Oct 2019 10:53
Last Modified: 23 Oct 2019 10:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item