RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PENYAMAIAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) MENGGUNAKAN LABVIEW BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN II)

MOCHAMMAD WISNU SETIAWAN, 151611613005 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PENYAMAIAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) MENGGUNAKAN LABVIEW BERBASIS MIKROKONTROLER (BAGIAN II). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV. OSI. 18-19 Set r abstrak.pdf

Download (574kB)
[img] Text
FV. OSI. 18-19 Set r daftar isi.pdf

Download (403kB)
[img] Text
FV. OSI. 18-19 Set r daftar pustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. OSI. 18-19 Set r.pdf
Restricted to Registered users only until 24 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Urban farming merupakan suatu pola cocok tanam produk pertanian dengan memanfaatkan lahan yang terbatas yang ditempatkan di dalam sebuah greenhouse untuk menjaga suhu, serta memantau kadar kelembaban tanah dan pH tanah pada tanaman. Suhu dan kelembaban menjadi hal yang penting bagi pertumbuhan tanaman.Cabai rawit dapat berkembang dengan baik pada suhu optimal yaitu 21°C hingga 28°C dan kelembaban tanah 50% hingga 70%. Pentingnya menjaga suhu dan kelembaban tanah pada lingkungan tanaman ini dilakukan untuk menjaga kestabilan suhu dan kelembaban tanah pada lingkungan cabai rawit dalam praktik urban farming. Pada tugas akhir ini dilakukan penelitian menggunakan aplikasi arduino sebagai pemrograman sistem pada mikrokontroler ATMega 328. Dimana sensor DHT22, sensor soil moisture, sensor PH tanah sebagai nilai masukan data dan nilai keluaran berupa nilai suhu dan kelembapan udara, nilai kelembapan tanah, nilai pH tanah yang ditampilkan melalui Labview sebagai monitoring. kemudian balasan dari setiap nilai masukan yaitu pompa air, lampu, dan alarm(buzzer) untuk bekerja sesuai kondisi yang ada didalam program aplikasi arduino IDE. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa sistem monitoring suhu, kelembaban tanah, dan pH tanah dapat dilakukan secara otomatis sesuai dengan yang diharapkan sehingga nantinya dapat diterapkan pada pertanian urban farming sesungguhnya dan dapat memberikan hasil dan kualitas yang lebih baik dari pertanian urban farming tanpa harus dilakukan secara manual dengan persentase keberhasilan 94.09%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 18/19 Set r
Uncontrolled Keywords: urban farming, kelembaban, mikrokontroler ATMega 328, monitoring suhu, dan Labview.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA165 Engineering instruments, meters, etc. Industrial instrumentation
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Otomasi Sistem Instrumentasi
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD WISNU SETIAWAN, 151611613005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRiky Tri YunardiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:53
Last Modified: 24 Oct 2019 04:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89927
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item