EFEKTIVITAS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH BANK WAKAF MIKRO DALAM MENGURANGI KEMISKINAN (STUDI KASUS: LKMS DENANYAR SUMBER BAROKAH KABUPATEN JOMBANG)

REVITA ADELIA SAFITRI, 041511433153 (2019) EFEKTIVITAS LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH BANK WAKAF MIKRO DALAM MENGURANGI KEMISKINAN (STUDI KASUS: LKMS DENANYAR SUMBER BAROKAH KABUPATEN JOMBANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT .pdf

Download (17kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (17kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (112kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 129_19 SAF E.pdf
Restricted to Registered users only until 29 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah) Denanyar Sumber Barokah merupakan salah satu dari sepuluh Lembaga Keuangan Mikro Syariah dengan brand Bank Wakaf Mikro tahap awal yang memberikan pembiayaan tanpa jaminan untuk pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan bagi hasil setara 3% per tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembiayaan tersebut dalam mengurangi kemiskinan nasabah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data primer penelitian ini berasal dari hasil penyebaran kuesioner kepada pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) nasabah LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah) Denanyar Sumber Barokah Kabupaten Jombang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 84 orang. Teknik analisis menggunakan Uji Paired Sample t-Test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara rata-rata pendapatan nasabah saat pertama kali bergabung dengan LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah) Denanyar Sumber Barokah (kondisi pertama) dan saat penelitian dilakukan (kondisi kedua). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendapatan nasabah sebelum dan sesudah memperoleh pembiayaan dari LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah) Denanyar Sumber Barokah. Sebagian besar nasabah dapat meningkatkan pendapatan mereka setelah memperoleh pembiayaan dan mengurangi tingkat kemiskinan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 129 / 19 Saf e
Uncontrolled Keywords: Koperasi Syariah, Bank Wakaf Mikro, Kemiskinan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
REVITA ADELIA SAFITRI, 041511433153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRaditya Sukmana,, 0013047605UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:23
Last Modified: 29 Oct 2019 07:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90171
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item