PENGARUH TEPUNG FERMENTASI AMPAS KECAP SEBAGAI SUBTITUSI TEPUNG IKAN DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN BANDENG (Chanos chanos)

NILA DIAN MARGARETA, 141511133082 (2019) PENGARUH TEPUNG FERMENTASI AMPAS KECAP SEBAGAI SUBTITUSI TEPUNG IKAN DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN BANDENG (Chanos chanos). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PK BP 124 19 Mar p.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI PK BP 124 19 Mar p.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PK BP 124 19 Mar p.pdf

Download (59kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT PK BP 124 19 Mar p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas unggul yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Bahan baku pembuatan pakan ikan secara umum masih bertumpu pada penggunaan tepung ikan. Salah satu sumber protein yang dapat digunakan untuk menggantikan tepung ikan adalah ampas kecap. Tingginya kandungan serat kasar pada ampas kecap dapat mengakibatkan rendahnya daya cerna pakan yang mengakibatkan nutrisi ampas kecap tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Peningkatan kualitas pada ampas kecap dapat dilakukan menggunakan teknologi fermentasi dengan bantuan probiotik yang mengandung bakteri selulolitik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tepung fermentasi ampas kecap sebagai subtitusi tepung ikan dalam pakan terhadap pertumbuhan (berat mutlak dan laju pertumbuhan spesifik) dan rasio konversi pakan ikan bendeng. Hewan uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah ikan bandeng ukuran 7-8 cm yang diperoleh dari Tambak Bandeng IBAP Lamongan. Bahan pakan yang digunakan adalah tepung ikan, tepung bungkil kedelai, tepung jagung, tepung fermentasi ampas kecap, minyak ikan, mineral mix, multivitamin, CMC, akuades, molase dan probiotik. Penelitian dilakukan secara eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Variabel yang diamati adalah pertumbuhan (berat mutlak dan laju pertumbuhan spesifik) dan rasio konversi pakan ikan bandeng. Berdasarkan hasil uji statistika, substitusi tepung ikan dengan tepung fermentasi ampas kecap menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) terhadap pertumbuhan dan rasio konversi pakan ikan bandeng. Tepung ikan yang disubtitusikan dengan tepung fermentasi ampas kecap hingga dosis 14% tidak berbeda nyata dengan kontrol terhadap pertumbuhan dan rasio konversi pakan ikan bandeng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 124/19 Mar p
Uncontrolled Keywords: PAKAN IKAN BANDENG (Chanos chanos), ampas kecap
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
NILA DIAN MARGARETA, 141511133082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Dr. Mirni Lamid, drh., MP, 196201161992032001UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:30
Last Modified: 30 Oct 2019 06:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90224
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item