EFEKTIVITAS PEMBERIAN FEED ADDITIVE TEPUNG DAUN MANGROVE Avicennia rumphiana SEBAGAI ANTIOKSIDAN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN NILA Oreochromis niloticus = THE EFFECTIVITY OF MANGROVE LEAVES POWDER Avicennia rumphiana AS ANTIOXIDANT FEED ADDITIVE IN COMMERCIAL FEED TROUGTH GROWTH AND SURVIVAL RATE OF NILE TILAPIA FRY Oreochromis niloticus

DEVI WULANSARI, 141411131032 (2019) EFEKTIVITAS PEMBERIAN FEED ADDITIVE TEPUNG DAUN MANGROVE Avicennia rumphiana SEBAGAI ANTIOKSIDAN PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN NILA Oreochromis niloticus = THE EFFECTIVITY OF MANGROVE LEAVES POWDER Avicennia rumphiana AS ANTIOXIDANT FEED ADDITIVE IN COMMERCIAL FEED TROUGTH GROWTH AND SURVIVAL RATE OF NILE TILAPIA FRY Oreochromis niloticus. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.229-19 Wul e ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.229-19 Wul e DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.229-19 Wul e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.229-19 Wul e FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merupakan salah satu komoditas perikanan di Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Ketertarikan dalam budidaya ikan nila karena permintaan pasar akan kebutuhan ikan nila terus meningkat. Pakan menghabiskan biaya sekitar 60-70% dari total biaya produksi sehingga perlu pengolahan yang efektif dan efisien. Salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi pakan adalah dengan menggunakan feed additive sebagai antioksidan pada pakan. Daun mangrove Avicennia rumphiana merupakan salah satu feed additive alami yang dapat digunakan antioksidan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis optimal pemberian feed additivetepung daun mangrove Avicennia rumphiana sebagai antioksidan terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Penelitian ini dilakukan Laboratorium Pendidikan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga Surabaya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah K+ (penambahan vitamin C 0,02gr), K- (tanpa penambahan tepung daun mangrove), A (penambahan tepung daun mangrove 0,2gr), B (penambahan tepung daun mangrove 0,4gr), dan C (penambahan tepung daun mangrove (0,6gr). Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan ANOVA untuk mengetahui pengaruh perlakuan dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian tepung daun mangrove Avicennia rumphiana pada pakan komersial selama 30 hari pemeliharaan tidak memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan dan kelulushidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.229/19 Wul e
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
DEVI WULANSARI, 141411131032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, 0003027202UNSPECIFIED
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, 0016017002UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Oct 2019 08:15
Last Modified: 30 Oct 2019 08:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90251
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item