Optimalisasi Parameter Bandwith Untuk Meningkatkan Kualitas Citra Mri Pelvis Wanita Pada Sekuens Single Shot Fast Spin Echo

Evy Noerma Handayani (2019) Optimalisasi Parameter Bandwith Untuk Meningkatkan Kualitas Citra Mri Pelvis Wanita Pada Sekuens Single Shot Fast Spin Echo. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FV. RD. 19-19 Han o abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV. RD. 19-19 Han o daftar isi.pdf

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV. RD. 19-19 Han o daftar pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV. RD. 19-19 Han o.pdf
Restricted to Registered users only until 30 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prosedur Pemeriksaan MRI Pelvis rentan terhadap moving artifact karena pergerakan pernapasan dan peristaltis usus yang dapat menurunkan kualitas citra. Saat ini, T2WI FSE merupakan sekuens utama dari protokol MRI Pelvis. Protokol MRI umumnya terdiri dari sekuens FSE, namun T2WI FSE memerlukan waktu pemeriksaan yang panjang dan memperbesar moving artifact. SSFSE merupakan inovasi sekuens dengan waktu akuisisi yang pendek, sehingga mempersingkat waktu pemeriksaan dan meminimalisir moving artifact. Namun, SSFSE memiliki memiliki nilai SNR yang lebih rendah dibandingkan FSE. Nilai SNR dapat mempengaruhi kualitas citra, semakin tinggi nilai SNR, Semakin baik kualitas citranya. Salah satu parameter yang mempengaruhi SNR adalah bandwith. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai bandwith yang optimal untuk meningkatkan kualitas citra MRI pada sekuens SSFSE MRI Pelvis wanita berdasarkan nilai SNR. Penelitian ini menggunakan 9 sampel. Tiap sampel dilakukan scanning dengan tiga variasi bandwith yang berbeda yaitu 62,5 kHz, 83,3 kHz dan 100 kHz. Nilai SNR tiap variasi diukur dengan melakukan ROI pada jaringan myometrium, endometrium dan junctional zone. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin rendah nilai bandwith semakin tinggi nilai SNR. Dari hasil uji statistik Friedman menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dari tiap variasi bandwith terhadap nilai SNR dan pada uji Wilcoxon menunjukkan setiap pasangan variasi bandwith memiliki perbedaan yang signifikan. Persentase rata-rata kenaikan SNR dari bandwith 100 kHz ke 83,3 kHz adalah 25% dan dari bandwith 100 kHz ke 62,5 kHz yaitu 100%. Kesimpulan dari penelitian ini untuk parameter bandwith yang optimal untuk meningkatkan kualitas citra pada sekuens SSFSE MRI Pelvis wanita berdasarkan nilai SNR pada adalah 62,5 kHz.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.RD.19/19 Han o
Uncontrolled Keywords: Bandwith, SNR, SSFSE, MRI Pelvis Wanita
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
Evy Noerma HandayaniNIM151510383038
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul MuqmirohNIDN0020077605
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 01 Feb 2020 01:44
Last Modified: 01 Feb 2020 01:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item