PENAMBAHAN MINYAK LEMURU DALAM PAKAN TERHADAP RETENSI LEMAK DAN PROFIL ASAM LEMAK IKAN WADER PARI Rasbora argyrotaenia = LEMURU FISH OIL ADDITION IN THE DIET ON THE FAT RETENTION AND FATTY ACID PROFILE OF SILVER BARB Rasbora argyrotaenia

ALMIRA MARINI, 141511133002 (2019) PENAMBAHAN MINYAK LEMURU DALAM PAKAN TERHADAP RETENSI LEMAK DAN PROFIL ASAM LEMAK IKAN WADER PARI Rasbora argyrotaenia = LEMURU FISH OIL ADDITION IN THE DIET ON THE FAT RETENTION AND FATTY ACID PROFILE OF SILVER BARB Rasbora argyrotaenia. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.156-19 Mar p ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.156-19 Mar p DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.156-19 Mar p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.156-19 Mar p FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 1 November 2022.

Download (778kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan wader pari (Rasbora argyrotaenia) merupakan ikan asli Indonesia yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi (Zamroni dkk., 2011). Salah satu faktor penting dalam budidaya yaitu pakan. Penambahan minyak ikan pada pakan dapat mempengaruhi aktivitas sintesa protein dan sel, sehingga dapat berpengaruh pada laju pertumbuhan, konveksi pakan, kandungan air dalam daging, kandungan protein dan lemak tubuh ikan (Cahya dkk., 2014). Berdasarkan hal tersebut maka dapat mempengaruhi profil asam lemak pada pakan dengan kualitas dan kuantitas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan minyak ikan lemuru pada pakan terhadap retensi lemak dan profil asam lemak ikan wader pari. Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari lima perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan minyak ikan lemuru pada pakan komersial dengan konsentrasi yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah konsentrasi minyak ikan lemuru adalah: P0 (0%), P1 (2%), P2 (4%), P3 (6%), P4 (8%). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah retensi lemak, profil asam lemak, laju pertumbuhan, kelulushidupan, dan kualitas air. Analisa data menggunakan Analisa Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan serta analisa dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan minyak ikan lemuru pada pakan selama 40 hari pemeliharaan berepengaruh nyata (p<0,05) terhadap retensi lemak, laju pertumbuhan, kelulushidupan, dan profil asam lemak ikan wader pari. Nilai retensi lemak terbaik pada perlakuan P2 (53,36%) dengan konsentrasi penambahan minyak ikan lemuru 4% pada pakan komersial dapat meningkatkan laju pertumbuhan dan kandungan asam lemak ikan wader pari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.156/19 Mar p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ALMIRA MARINI, 141511133002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:53
Last Modified: 01 Nov 2019 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item