EFEK EXTRACELLULAR PRODUCT (ECP) Streptococcus iniae TERHADAP HEMATOLOGI IKAN KERAPU CANTANG HIBRIDA (Epinephelus sp.) = EFFECT OF EXTRACELLULAR PRODUCT (ECP) Streptococcus iniae TO HAEMATOLOGY RESPOND OF CANTANG HYBIRD GROUPER (Epinephelus sp.)

AZIZAH TRIAMALIA WINADI, 141411131084 (2019) EFEK EXTRACELLULAR PRODUCT (ECP) Streptococcus iniae TERHADAP HEMATOLOGI IKAN KERAPU CANTANG HIBRIDA (Epinephelus sp.) = EFFECT OF EXTRACELLULAR PRODUCT (ECP) Streptococcus iniae TO HAEMATOLOGY RESPOND OF CANTANG HYBIRD GROUPER (Epinephelus sp.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.152-19 Win e ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.152-19 Win e DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.152-19 Win e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.152-19 Win e FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 1 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu (Epinephelus sp.) adalah komoditas perikanan Indonesia yang diunggulkan dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Budidaya ikan kerapu memiliki salah satu faktor ketidakberhasilan yang disebabkan oleh penyakit. Tiga bakteri yang ditemukan menginfeksi kerapu cantang hibrida yaitu Vibrio alginolyticus, Vibrio harveyi dan Streptococcus iniae. Ikan yang terserang Streptococcus iniae menampakkan gejala-gejala seperti, ikan lemah, berenang tak teratur dan kadang-kadang terjadi pendarahan pada mata. Kajian mengenai Extracelullar Product (ECP) bakteri spesies Streptococcus iniae masih jarang diketahui. Parameter darah dianggap sebagai indikator pato-fisiologis seluruh tubuh dan karena itu penting dalam mendiagnosa status struktural dan fungsional ikan saat stres. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut (BPPBL) Gondol, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek Extracellular Product (ECP) Streptococcus iniae pada hematologi ikan kerapu cantang hibrida (Epinephelus sp.) dan mengetahui lama inkubasi yang optimal untuk mendapatkan Extracellular Product (ECP) Streptococcus iniae. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lama inkubasi yang berbeda sebagai perlakuan penelitian. Parameter yang diukur adalah total eritrosit, total leukosit, kadar hemoglobin, dan kadar hematokrit ikan kerapu cantang hibrida (Epinephelus sp.). Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Extracellular Product (ECP) Streptococcus iniae dengan lama inkubasi yang berbeda (24, 48, 72 jam) mempengaruhi total eritrosit, total leukosit, kadar hemoglobin, dan kadar hematokrit ikan kerapu cantang hibrida dan perlakuan yang memberi pengaruh signifikan pada parameter darah ikan kerapu cantang hibrida rata-rata dipengaruhi oleh pemberian Extracellular Product (ECP) Streptococcus iniae dengan lama inkubasi 72 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.152/19 Win e
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
AZIZAH TRIAMALIA WINADI, 141411131084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Suprapto, 0016095807UNSPECIFIED
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, 0022105903UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Nov 2019 09:01
Last Modified: 01 Nov 2019 09:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item