STUDI KOMPARASI TINGKAT KESEGARAN IKAN LAUT BERDASARKAN CARA PENANGANAN DI PASAR MODERN PUNCAK PERMAI DAN PASAR TRADISIONAL SIMO GUNUNG KOTA SURABAYA = COMPARATIVE STUDY OF MARINE FISH FRESHNESS LEVEL BASED ON THE HANDLING METHOD IN PUNCAK PERMAI MODERN MARKET AND SIMO GUNUNG TRADITIONAL MARKET SURABAYA

MULYA SARI, 141311133105 (2019) STUDI KOMPARASI TINGKAT KESEGARAN IKAN LAUT BERDASARKAN CARA PENANGANAN DI PASAR MODERN PUNCAK PERMAI DAN PASAR TRADISIONAL SIMO GUNUNG KOTA SURABAYA = COMPARATIVE STUDY OF MARINE FISH FRESHNESS LEVEL BASED ON THE HANDLING METHOD IN PUNCAK PERMAI MODERN MARKET AND SIMO GUNUNG TRADITIONAL MARKET SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.148-19 Sar s ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK PK.BP.148-19 Sar s DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK PK.BP.148-19 Sar s DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.148-19 Sar s FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2022.

Download (785kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

mbimbing Dr. Rr. Juni Triastuti, S.Pi., M.Si., dan Sudarno, Ir., M.Kes. Komoditas perikanan memiliki karakteristik mudah busuk, komponen kimia tidak stabil, dan bersifat musiman, sehingga memerlukan rantai distribusi yang tepat. Rantai distribusi perikanan melibatkan nelayan, pengumpul, pengusaha, pedagang, dan eksportir (Retnowati dkk., 2014). Penanganan ikan segar saat ini masih kurang dalam segi keamanan, sehingga ikan pada tingkat penjual banyak tercemar sebelum sampai ke konsumen (Maruka dkk., 2017). Pasar Modern Puncak Permai dan Pasar Tradisional Simo Gunung menyediakan berbagai jenis ikan segar yang dicari konsumen, sehingga kedua pasar ini menjadi pasar tujuan utama bagi konsumen di wilayah masing-masing pasar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian mengenai cara penanganan oleh pedagang dan tingkat kesegaran ikan laut yang dipasarkan. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan tingkat kesegaran dan mengetahui cara penanganan ikan laut di Pasar Modern Puncak Permai dan Pasar Tradisional Simo Gunung. Metode penelitian ini adalah metode survei, pengambilan sampel sebanyak tujuh kali dengan interval waktu pengambilan tiga hari sekali. Penelitian ini menggunakan tiga jenis ikan laut yaitu kembung, selar, dan kurisi. Parameter utama adalah pH dan organoleptik, sedangkan parameter pendukung adalah wawancara. Analisis data menggunakan metode statistik yaitu uji t untuk analisis pH, dan Kruskal Wallis untuk analisis organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nyata (p<0.05) terhadap nilai organoleptik semua jenis sampel di kedua pasar, namun tidak berbeda nyata terhadap nilai pH (p>0.05). Berdasarkan hasil wawancara, cara penanganan ikan di Pasar Modern Puncak Permai lebih baik dibandingkan Pasar Tradisional Simo Gunung pada aspek higiene pedagang, lama penjualan, dan jumlah bahan pendingin yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.148/19 Sar s
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
MULYA SARI, 141311133105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuni Triastuti, 000UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarno, 0013075504UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 02 Nov 2019 04:53
Last Modified: 06 Nov 2019 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item