Joined-Up Government dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif (Studi Tentang Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan Surabaya)

Qurrotu Aini, 071511133032 (2019) Joined-Up Government dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif (Studi Tentang Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis.AN.90-19 Ain j abstrak.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Fis.AN.90-19 Ain j daftar isi.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Fis.AN.90-19 Ain j daftar pustaka.pdf

Download (84kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.AN.90-19 Ain j.pdf
Restricted to Registered users only until 5 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami mengenai pelaksanaan pengembangan ekonomi kreatif Kota Surabaya dalam Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan dilihat dari Joined-Up Government. Penelitian ini menggunakan metode observasi, studi dokumen dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling yaitu pihak-pihak yang dianggap mengetahui lebih dalam mengenai pelaksanaan pengembangan ekonomi kreatif dalam Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi data. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Festival Mlaku- Mlaku Nang Tunjungan ditinjau dari Joined-Up Government melalui empat dimensi yakni budaya organisasi, lintas sektoral, akuntabilitas dan insentif, serta pemberian layanan baru dikatakan belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kriteria yang belum tercapai pada masing-masing dimensi Joined-Up Government seperti nilai organisasi pada dimensi budaya organisasi, komunikasi & strategi komunikasi pada dimensi lintas sektoral, capaian kriteria kinerja, mekanisme evaluasi dan transparansi laporan hasil pertanggungjawaban pada dimensi akuntabilitas dan insentif, sedangkan tujuan pemerintah, dan pemanfaatan ruang & fasilitas pada dimensi pemberian layanan baru. Demikian juga Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan ternyata memiliki peran besar dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Surabaya, dinyatakan dengan adanya tingkat kesadaran dan rasa percaya diri para pelaku usaha akan mudahnya dalam merealisasikan bentuk bisnis yang diinginkan dalam masyarakat kebanyakan, bentuk pelayanan yang diberikan pemerintah semakin beragam seiring dengan meningkatnya ekonomi kreatif dan permintaan UKM dalam keikutsertaan kegiatan festival, adanya peningkatan pertumbuhan nilai ekonomi para peserta UKM, dan brand produk menjadi lebih dikenal dimasyarakat serta antusiasme masyarakat yang cukup tinggi untuk pelaksanaan festival jarang ditemukan ditengah Kota Surabaya, dan menjadi peluang promosi wisata sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal dan manca negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 90/19 Ain j
Uncontrolled Keywords: Joined-Up Government, Koordinasi,Ekonomi Kreatif, Festival, Usaha Kecil Menengah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8901-8914 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Qurrotu Aini, 071511133032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Antun Mardiyanta, Drs., MA, NIDN: '0031106106UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:39
Last Modified: 18 Dec 2019 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90460
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item