KESIAPAN UMKM TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM (STUDI UMKM DI KABUPATEN BANYUWANGI)

EKA SHEILLA WATI, 041511535007 (2019) KESIAPAN UMKM TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM (STUDI UMKM DI KABUPATEN BANYUWANGI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
KKB KK-2 A 356-19 Wat -Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (Daftar isi)
KKB KK-2 A 356-19 Wat k-Daftar isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
KKB KK-2 A 356-19 Wat k-Daftar pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] Text (Fultteks)
KKB KK-2 A 356-19 Wat k.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan dan kendala usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyuwangi dalam menerapkan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah (SAK EMKM). Jenis penelitian ini adalah eksploratori dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Banyuwangi dan sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling yaitu UMKM yang terdaftar maupun tidak terdaftar di Dinas Koperasi UMKM Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan menganalisis hasil penelitian dengan teknik person to person dan person to document. Penelitian ini menemukan bahwa UMKM di Kabupaten Banyuwangi belum siap menerapkan SAK EMKM, karena pelaku usaha tidak memiliki pemahaman tentang SAK EMKM, sistem pencatatan yang digunakan masih berbasis kas, sebagian UMKM belum menerapkan konsep entitas bisnis, dan tidak mempunyai tenaga khusus akuntansi yang memadai. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM untuk menerapkan SAK EMKM diantaranya : tidak memiliki pengetahuan di bidang akuntansi, belum memiliki staf akuntansi dan keterbatasan biaya dan waktu untuk melakukan pencatatan keuangan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap agar UMKM dapat memiliki laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM, sehingga mengatasi masalah permodalan dapat teratasi serta dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan terkait peningkatan kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 356/ 19 Wat k
Uncontrolled Keywords: Readiness, SAK EMKM, Constraints.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
EKA SHEILLA WATI, 041511535007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorA. A. Gde Satia UtamaUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Nov 2019 05:49
Last Modified: 07 Nov 2019 05:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90564
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item