Displacement And Identity Crisis Portrayal Through Japanese Picture Brides Diaspora Characters In Julie Otsuka’s The Buddha In The Attic Novel: A Postcolonial Study

Dyah Sulistya Yulianto (2019) Displacement And Identity Crisis Portrayal Through Japanese Picture Brides Diaspora Characters In Julie Otsuka’s The Buddha In The Attic Novel: A Postcolonial Study. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 53-19 Yul d abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 53-19 Yul d daftar isi.pdf

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 53-19 Yul d daftar pustaka.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BE. 53-19 Yul d.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jepang dapat dikategorikan sebagai salah satu negara terkuat di dunia. Namun, secara geografis dan rasial, Jepang masih dianggap sebagai “liyan” oleh negara-negara Barat seperti Amerika Serikat. Pada masa Perang Dunia II, Jepang dan Amerika memiliki latar belakang sejarah yang saling berhubungan terkait imigrasi. Japanese Picture Bride adalah salah satu gerakan imigrasi di awal abad ke-20 antara Jepang dan Amerika. Skripsi ini bertujuan mempelajari displacement pada tokoh-tokoh Japanese Picture Bride di Amerika dalam novel The Buddha in the Attic (2011) karya Julie Otsuka, beserta krisis identitas yang mereka alami. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dan close reading terhadap objek untuk mendapatkan pemahaman lebih detail atas konteks pascakolonial. Dengan merujuk pada teori Homi K. Bhabha tentang krisis identitas pascakolonial, ditemukan bahwa tokoh-tokoh Japanese Picture Bride sebagai diaspora mengalami displacement dan alienasi pada tahun-tahun pertama kehidupan mereka di Amerika Serikat. Setelah beberapa tahun, pengalaman itu berubah menjadi krisis identitas yang berujung pada mimikri, in-between-ness dan unhomeliness. Identitas mereka sebagai wanita Jepang perlahan-lahan menghilang seiring kehidupan baru mereka di Amerika Serikat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.53/19 Yul d
Uncontrolled Keywords: diaspora, displacement, krisis identitas postkolonial, pengantin bergambar jepang
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Dyah Sulistya YuliantoNIM121511233150
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUsma Nur Dian RosyidahNIDN0001128007
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 29 Jan 2020 05:22
Last Modified: 29 Jan 2020 05:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90840
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item