The Representation Of Instameet Surabaya Community’s Identity In @Instameeetsurabaya Instagram Account

Yoky Pradipta (2019) The Representation Of Instameet Surabaya Community’s Identity In @Instameeetsurabaya Instagram Account. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 75-19 Pra r abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 75-19 Pra r daftar isi.pdf

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 75-19 Pra r daftar pustaka.pdf

Download (200kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BE. 75-19 Pra r.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa kini, foto memiliki peran yang sangat penting untuk mwnunjukkan identitas komunitas tertentu. Banyak komunitas mengunggah foto mereka di Instagram seperti komunitas Instameet, untuk menunjukkan aktivitas komunitas mereka. Nama akun mereka didasarkan pada nama daerah tempat anggotanya tinggal; misalnya, @instameetsurabaya. Akun Instameet itu sendiri secara resmi didirikan oleh pemilik Instagram, Systrom dan Krieger. Yang menarik, @instameetsurabaya telah dinobatkan oleh Ny. Tri Risma Harini, Walikota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, sebagai akun resmi untuk promosi pariwisata Surabaya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana foto yang diunggah di akun Instagram komunitas Instameet sebagai perwakilan identitas komunitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang didukung oleh teori Camera Lucida dari Roland Barthes sebagai pendekatan semiotik dan menggunakan teori Circuit of Culture Hall untuk memahami representasi dan identitas komunitas Instameet Surabaya. Penelitian ini menemukan bahwa komunitas Instameet Surabaya terdiri dari remaja Surabayan yang membawa identitas “Arek” sebagai komunitas komunal. Melalui foto-foto mereka, mereka memberikan kesan kebersamaan di antara anggota komunitas Instameet Surabaya sebagai karakteristik "Arek". Selain itu, mereka berusaha memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata Kota Surabaya ke seluruh dunia, yang sejalan dengan visi pemerintah Surabaya untuk mempromosikan kota Surabaya sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.75/19 Pra r
Uncontrolled Keywords: Identitas, Camera Lucida , Representasi, Circuit of Culture
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > PE1585 English language -Semantics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Yoky PradiptaNIM121211233052
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGesang Manggala N.NIDN0014028504
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:17
Last Modified: 31 Jan 2020 10:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item