The Negotiation Of Old Kampong In An Urban Modern City: A Study On The Place Identity Of Kampong Maspati Surabaya As Kampong Lawas

Garneicya Annisa Nindia Pratama (2019) The Negotiation Of Old Kampong In An Urban Modern City: A Study On The Place Identity Of Kampong Maspati Surabaya As Kampong Lawas. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 140-19 Pra n abstrak.pdf

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 140-19 Pra n daftar isi.pdf

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 140-19 Pra n daftar pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BE. 140-19 Pra n.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identitas tempat terkadang dapat dikonstruksi oleh kelompok dominan. Namun, identitas tempat saat ini bisa dikonstruksi dengan bebas. Identitas tempat dapat dikonstruksi oleh masyarakat itu sendiri. Salah satunya adalah Kampung Lawas Maspati. Citra yang digambarkan oleh Kampung Lawas Maspati adalah sebagai Kampung Lawas di Surabaya yang merupakan kota urban dan kota modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana proses Praktik Spasial, Representasi Ruang, dan Ruang Representasional di Kampung Lawas Maspati, sehingga dapat mengetahui sejauh mana peran masyarakat dan pihak lain dalam mengkonstruksi identitas Kampung Lawas di Kampung Maspati V dan VI. Penelitian ini menggunakan teori Triad Konseptual oleh Henri Lefebve. Dalam meneliti penelitian ini, metode yang digunakan adalah etnografi. Populasi dari penelitian bukan hanya masyarakat, tetapi juga mereka yang berasal dari kelompok dominan yaitu pemerintah dan perusahaan (Pelindo III). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kampung Lawas Maspati digambarkan sebagai Kampung yang bernostalgia dengan era kolonial dari sisi gaya hidup penjajah dan pribumi; dikomersialkan oleh masyarakat lokal; dan digambarkan sebagai Kampung tradisional dan Kampung hijau di tengah kota urban dan kota modern. Sebagai kesimpulan, untuk menegosiasikan identitas Surabaya sebagai kota urban dan modern, Kampung Maspati adalah sebuah Kampung yang dapat menciptakan dan membangun identitas mereka sendiri sebagai Kampung Lawas di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.140/19 Pra n
Uncontrolled Keywords: Kampung, Identitas, Tempat, Ruang, Identitas Tempat
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Garneicya Annisa Nindia PratamaNIM121511233100
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Fitri HapsariNIDN0014078307
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:59
Last Modified: 31 Jan 2020 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91130
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item