PENGARUH SHYNESS TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA

NADIA DIMITRI AMALIA, 111511133176 (2019) PENGARUH SHYNESS TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh shyness terhadap kecanduan game online pada remaja. Kecanduan game merupakan penggunaan game yang berlebihan dan kompulsif yang mengakibatkan masalah sosial atau emosional serta tidak dapat mengontrol penggunaan game (Lemmens, Valkenburg, & Peter, 2009). Jenis game yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Massive Multiplayer Online Game (MMOG) karena game ini dapat dimainkan dengan orang lain yang sama-sama terhubung dengan internet. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecanduan game online adalah shyness. Shyness merupakan perasaan yang timbul dari suatu pengalaman yang menciptakan ketidaknyamanan atau hambatan dalam situasi sosial dan mengganggu pencapaian tujuan interpersonal seseorang (Henderson & Zimbardo, 1998). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian dilakukan pada remaja berusia 12-21 tahun dengan jumlah sebanyak 71 orang yang terdiri atas 51 laki-laki dan 20 perempuan. Alat mengumpulan data berupa kuesioner yang telah dibuat oleh penulis yang berisi skala Shyness dengan menggunakan teori yang dikemukan oleh Henderson dan Zimbardo (1998) dengan total 49 aitem dan skala Kecanduan Game online yang menggunakan aspek milik Lemmens, Valkenburg, dan Peter (2009) dengan total 22 aitem. Reliabilitas alat ukur shyness yaitu sebesar 0,961 dan alat ukur kecanduan game online sebesar 0,870. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan program stastistik SPSS 20.0 for Windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan (p = 0,010) shyness terhadap kecanduan game online pada remaja. Besar pengaruh variabel shyness terhadap kecanduan game online dilihat dari nilai R square yaitu 0,092 yang artinya shyness memiliki pengaruh sebesar 9,2% terhadap kecanduan game online. Hasil dari uji regresi diperoleh persamaan Y = 47,672 + 0,115X. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa shyness berpengaruh positif terhadap kecanduan game online yang artinya apabila shyness meningkat maka kecanduan game online juga meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 218/19 Ama p
Uncontrolled Keywords: shyness, online game addiction, adolescent
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NADIA DIMITRI AMALIA, 111511133176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri AndrianiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2019 11:04
Last Modified: 18 Nov 2019 11:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91144
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item