PERTANGGUNGJAWABAN PADA PERAWAT YANG MELAKUKAN SIRKUMSISI

Helen Yunanta Wahyudian, 031511133125 (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PADA PERAWAT YANG MELAKUKAN SIRKUMSISI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (204kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kesehatan sebagai upaya kesehatan pada masyarakat tidak luput dari peran tenaga kesehatan, salah satunya adalah tenaga keperawatan. Seiring dengan berkembangnya zaman masyarakat menuntut agar tenaga keperawatan memiliki kemampuan yang lebih dalam bidang pelayanan kesehatan. Akibatnya terjadi suatu tumpang tindih antara posisi perawat dengan tenaga kesehatan lainnya, seperti dokter. Karena terjadinya tumpang tindih tersebut membuat perawat melakukan tugasnya diluar kewenangannya, salah satunya adalah melakukan tindakan sirkumsisi. Selain itu, perawat juga sangat rawan melakukan kelalaian terhadap pasien karena tindakan yang tidak sesuai dengan tujuan asuhan keperawatan, etik dan disiplin serta standar praktek. Berdasarkan latar belang dapat diambil rumusan masalah mengenai kewenangan perawat dalam melakukan sirkumsisi berdasarkan Undang-undang dan Pertanggungjawaban hukum perawat yang melakukan Sirkumsisi. Untuk mendapatkan jawabannya maka digunakan pendekatan perundang-undangan, konseptual dan studi kasus. Dengan pendekatan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perawat dapat melakukan tindakan medis jika terdapat pelimpahan wewenang dari dokter. pada pertanggungjawaban hukum, perawat dapat dikenai sanksi dalam hukum administrasi, hukum perdata dan hukum pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 244/19 Wah p
Uncontrolled Keywords: Nurses, Administrative Liability, Civil Liability, Criminal Liability, Criminal Act, Circumcision
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Dasar Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Helen Yunanta Wahyudian, 031511133125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrillian CahyaniUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2019 10:16
Last Modified: 20 Nov 2019 10:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item