SNEAKER CULTURE: STUDI ETNOGRAFI TERHADAP KOMUNITAS INDONESIA SNEAKER TEAM DALAM KONSTRUKSI IDENTITAS DAN REPRODUKSI BUDAYA URBAN

HUTAMA PRA RAKA ATMAJA, 071511533096 (2019) SNEAKER CULTURE: STUDI ETNOGRAFI TERHADAP KOMUNITAS INDONESIA SNEAKER TEAM DALAM KONSTRUKSI IDENTITAS DAN REPRODUKSI BUDAYA URBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS K 62 19 Atm s ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text
FIS K 62 19 Atm s DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
FIS K 62 19 Atm s DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS K 62 19 Atm s.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_HUTAMA PRA RAKA ATMAJA_071511533096.PDF.pdf

Download (314kB)
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan sneakers oleh komunitas Indonesia Sneaker Team sebagai alat untuk mengkonstruksi identitas, melakukan reproduksi budaya pada masyarakat urban melalui praktik-praktik sosial, gaya hidup, media sosial dan menggunakannya sebagai modal dalam pertarungan sosial. Komunitas Indonesia Sneaker Team dipilih karena mereka merupukan komunitas sneakers pertama di Indonesia dan satu-satunya yang mewadahi semua jenis pecinta sneakers tanpa ada batasan-batasan merk tertentu. Metode etnografi digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini karena dianggap dapat menghilangkan jarak diantara narasumber dan interviewer. Secara lebih lanjut peneliti menggunakan terori reproduksi budaya yang lahirkan oleh Pierre Bourdieu, yang mana membuka narasi tersembunyi dari sebuah praktik tertentu. Penelitian ini menghasilkan penjelasan bahwa komunitas Indonesia Sneaker Team dengan sengaja melakukan pembedaan-pembedaan tertentu untuk mengkonstruksi identitas sebagai sebuah modal untuk berkontestasi dengan narasi-narasi lain pada masyarakat urban. Selain itu terjadi sebuah kontradiksi yang mana meskipun sneakers pada saat ini menjadi mass product dan budaya pop, komunitas Indonesia Sneaker Team sebagai komunitas pecinta sneakers justru resistant terhadap budaya pop dan melabeli diri sebagai sub-culture.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 62/19 Atm s
Uncontrolled Keywords: Sneakers, identitas, reproduksi budaya, gaya hidup, sub-culture.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HUTAMA PRA RAKA ATMAJA, 071511533096UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani S.Sos.,ma., NIDN :'0007087902UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:31
Last Modified: 21 Nov 2019 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item