GREEN SISTER CITY SURABAYA-KITAKYUSHU (Studi Evaluasi tentang Program Pengolahan Limbah Sampah)

NADYA CINDY DELLAVALERIN, 071411131062 (2019) GREEN SISTER CITY SURABAYA-KITAKYUSHU (Studi Evaluasi tentang Program Pengolahan Limbah Sampah). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS AN 95 19 Del g ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
FIS AN 95 19 Del g DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
FIS AN 95 19 Del g DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS AN 95 19 Del g.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Permasalahan pengolahan sampah merupakan permasalahan yang kompleks dan seringkali sulit untuk dipecahkan karena dibutuhkan perhatian, kesadaran dan penanganan yang baik, tidak hanya oleh pemerintah setempat, namun juga masyarakatnya. Begitu juga dengan permasalahan sampah di kota Surabaya. Surabaya pernah mengalami status ‘Darurat Sampah’ hingga berdampak pada penutupan TPA oleh masyarakat setempat. Inilah yang menjadi salah satu alasan yang mendorong Pemkot Surabaya untuk mencari alternatif pembangunan dengan menjalin hubungan kerjasama green sister city dengan kota Kitakyushu, Jepang yang berhasil mengatasi permasalahan lingkungan yang hampir serupa di masa silam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk memahami dan mendeskripsikan tentang bagaimana evaluasi before – after comparisons program pengolahan limbah sampah pada hubungan kerjasama green sister city Surabaya – Kitakyushu, dan (2) untuk mendeskripsikan tentang apakah hubungan kerjasama green sister city yang dijalin oleh Surabaya dan Kitakyushu ialah hubungan yang berhasil ataukah tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretivism. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam dengan informan dan studi dokumen. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dan reputational case selection. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa program pengolahan limbah sampah memberikan kontribusi yang positif terhadap menyelesaikan permasalahan persampahan di kota Surabaya walaupun scope dari program ini kecil, yakni sampah yang dipilah di Super Depo Sutorejo dan sampah yang dimanfaatkan menjadi pupuk kompos di Rumah Kompos Wonorejo. Setelah program diimplementasikan, menghasilkan berbagai dampak yakni dampak lingkungan, dampak ekonomi, dampak sosial, dampak yang diharapkan dan dampak yang tidak diharapkan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kerjasama green sister city antara Surabaya dengan Kitakyushu merupakan hubungan sister city yang berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 95/19 Del g
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Before – after comparisons, Program pengolahan limbah sampah, Sister city.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NADYA CINDY DELLAVALERIN, 071411131062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. ANTUN MARDIYANTA, M.Si, Drs., NIDN :'0031106106UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:31
Last Modified: 18 Dec 2019 05:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item