Kemampuan Bahasa Verbal Anak Penderita Autis Di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik

Avisha Marlisnawati (2019) Kemampuan Bahasa Verbal Anak Penderita Autis Di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FS.BI.131-19 Mar k.pdf

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FS.BI.131-19 Mar k.pdf

Download (409kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FS.BI.131-19 Mar k.pdf

Download (285kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FS.BI.131-19 Mar k.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kemampuan Bahasa Verbal Pada Anak Autis di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik”, merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa verbal dan perbedaan kemampuan bahasa verbal yang dimiliki oleh masing-masing anak di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan langsung yang disertai dengan teknik simak, rekam, dan catat. Untuk mengetahui kemampuan bahasa verbal anak penderita autis, yaitu dengan cara mengajak bicara anak autis saat sedang bermain atau belajar. Subjek pada penelitian ini adalah lima anak autis yang bersekolah di Galuh Handayani Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah data percakapan yang dianalisis berdasarkan jawaban dari sebuah pertanyaan yang telah diberikan. Kemudian membandingkan bagaimana kemampuan bahasa verbal dari setiap subjek. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa verbal yang dimiliki setiap anak berbeda. Tergantung pada apa yang sudah diterimanya serta tingkat konsentrasi yang dimiliki oleh setiap anak. Ditinjau dari kajian psikolinguistik, faktor pendukung penyebab autis pada anak yang diteliti, dapat diklasifikasikan menjadi dua penyebab, yaitu faktor psikologis dan faktor pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BI.131/19 Mar k
Uncontrolled Keywords: anak autis, kemampuan bahasa verbal, psikolinguistik.
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Avisha MarlisnawatiNIM121511133016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLuita AribowoNIDN0005087103
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:51
Last Modified: 29 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91405
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item