PENGARUH INVESTASI DAN IPM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN DAMPAKNYA PADA PENYERAPAN TENAGA KERJA SERTA UPAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR

SJAMSUL BAHRI, 041217037303 (2019) PENGARUH INVESTASI DAN IPM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN DAMPAKNYA PADA PENYERAPAN TENAGA KERJA SERTA UPAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Dis.E. 04-9 Bah p ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Dis.E. 04-9 Bah p DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Dis.E. 04-9 Bah p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Dis.E. 04-9 Bah p BR.pdf
Restricted to Registered users only until 25 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh investasi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap permintaan tenaga kerja Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh permintaan tenaga kerja terhadap upah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Peneltian ini merupakan eksplanatori yang menjelaskan pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa data runtut waktu (time series) dan cross section, yaitu data upah, investasi, IPM, permintaan tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi periode 2004-2016. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel simultan dengan menggunakan program Eviwes 6.0. Hasil pengujian terbukti secara bersama-sama investasi dan IPM berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap permintaan tenaga kerja Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Permintaan tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap upah Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur guna meningkatkan investasi dan IPM dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan permintaan tenaga kerja serta upah.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis.E. 04-9 Bah p
Uncontrolled Keywords: upah, investasi, IPM, permintaan tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
SJAMSUL BAHRI, 041217037303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko MursintoUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Kusreni, NIDN: '9900983063UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:03
Last Modified: 25 Nov 2019 03:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item