DETEKSI FORMALIN PADA IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer) MENGGUNAKAN SENSOR FIBER OPTIK BUNDLE

RATNA ANTIKA WARDANI, 091714153004 (2019) DETEKSI FORMALIN PADA IKAN KAKAP PUTIH (Lates calcarifer) MENGGUNAKAN SENSOR FIBER OPTIK BUNDLE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TBPK. 05-19 War d ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text
TBPK. 05-19 War d DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
TBPK. 05-19 War d DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TBPK. 05-19 War d BR.pdf
Restricted to Registered users only until 25 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan parameter dari fiber optik berbasis sensor pada sisik ikan kakap (Lates calcarifer) sebagi target untuk mendeteksi kadar Formaldehid dan daya serap pada daging ikan kakap (Lates calcarifer) dengan konsentrasi yang berbeda. Selain itu penelitian juga bertujan untuk mengetahui kerusakan lapisan sisikikan yang disebabkan larutan Formaldehid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan melakukan percobaan terhadap ikan kakap putih(Lates calcarifer)dengan perendaman dosis formaldehid yang berbeda dengan menggunakan fiber optik. Perendaman kadar dosis yang berbeda, akan muncul perbedaan hasil dari fiber optik dan pengujian Spektofotometri UV-Vis. Parameter yang diukur adalah parameter utama berupa nilai keluaran dari fiber optik pada sisik ikan kakap putih (Lates calcarifer), daya serap Formaldehid pada daging ikan kakap (Lates calcarifer), dan kerusakan lapisan sisik ikan kakap putih (Lates calcarifer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi Fornadehide yang diberikan, maka nilai tegangan dari fiber optik semakin tinggi. Dalam pengujian Spektofotometer UV-Vis juga berbanding lurus dengan hasil sensor fiber optik dari perlakuan kontrol sampai konsentrasi 3% hingga 21%. Kerusakan lapisan sisik ikan kakap putih(Lates calcarifer)juga memiliki rongga yang semakin besar seiring bertambahnya dosis yang diberikan pada pengujian SEM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK. 05-19 War d
Uncontrolled Keywords: Formaldehid, Fiber Optik, Spektofotomeetri UV-Vis, sisik ikan, daging ikan,Lates calcarifer, SEM
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Magister Bioteknologi Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
RATNA ANTIKA WARDANI, 091714153004UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Nov 2019 05:25
Last Modified: 25 Nov 2019 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item