Rancang Bangun Aplikasi Integrasi Helpdesk Dalam Pencatatan Dan Penanganan Insiden Server Secara Otomatis Berdasarkan Manajemen Insiden Framework Itil V3 (Studi Kasus : Pt Pe)

Adib Aulia Rahmansyah (2019) Rancang Bangun Aplikasi Integrasi Helpdesk Dalam Pencatatan Dan Penanganan Insiden Server Secara Otomatis Berdasarkan Manajemen Insiden Framework Itil V3 (Studi Kasus : Pt Pe). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ST.SI.36-19 Rah r.pdf

Download (799kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ST.SI.36-19 Rah r.pdf

Download (668kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ST.SI.36-19 Rah r.pdf

Download (970kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT ST.SI.36-19 Rah r.pdf
Restricted to Registered users only until 27 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT PE dalam proses bisnisnya, menerapkan Manajemen Insiden dalam menjalankan ITSM (Information Technology Service Management) dengan basis framework ITIL (Information Technology Infrastructure Library) versi 3. Namun dalam praktiknya, insiden khususnya yang berkaitan dengan insiden server tidak tercatat dengan baik dan ditangani secara lambat karena sistem penanganan insiden server masih menggunakan metode manual. Untuk menangani masalah tersebut, dibuatlah sistem bernama iReporter yang mengubah sistem penanganan insiden PT PE menjadi otomatis. Sistem iReporter berlandaskan framework ITIL versi 3 yang digunakan PT PE. Metode rancang bangun sistem dimulai dari identifikasi dan analisis kebutuhan PT PE. Setelah itu dilakukan perancangan sistem iReporter dan dilanjutkan pembangunan sistem. Sistem iReporter berhasil melalui serangkaian pengujian yang telah dilakukan berasarkan metode functional testing. Hasil pengujian dan evaluasi sistem iReporter sudah sesuai yang diharapkan. Hasilnya, sistem iReporter berhasil mengotomatisasi sistem penanganan insiden server PT PE sehingga insiden server tercatat dengan baik ke sistem helpdesk iTop dan insiden server ditangani lebih cepat dari sebelumnya. Namun sistem iReporter memiliki batasan khususnya dalam penanganan insiden server secara otomatis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.ST.SI.36/19 Rah r
Uncontrolled Keywords: ITSM, ITIL V3, Manajemen Insiden, Server
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Adib Aulia RahmansyahNIM081511633021
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra PuspitasariNIDN0027108402
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:46
Last Modified: 30 Jan 2020 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91583
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item