ANALISIS UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN POLI KIA/KB BERDASARKAN PLANNING MATRIX (Studi di Puskesmas Keputih Surabaya)

SAFIRA INDA MILLATI, 101511133041 (2019) ANALISIS UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN POLI KIA/KB BERDASARKAN PLANNING MATRIX (Studi di Puskesmas Keputih Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 268-19 Mil a.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu fungsi Puskesmas adalah sebagai pusat untuk memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, terpadu dan bermutu kepada masyarakat dalam rangka memelihara dan melindungi kesehatan masyarakat. Puskesmas Keputih merupakan penyedia pelayanan Poli KIA/KB sehingga diharapkan memiliki mutu pelayanan yang baik dan memenuhi kepentingan dan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan cross sectional dengan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 orang yang diambil secara accidental sampling. Wawancara dilakukan bersifat tertutup dengan memberikan kuesioner kepada responden. Variabel penelitian terdiri dari karakteristik individu, tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen, serta planning matrix yang meliputi importance to customer, customer satisfaction performance, competitive satisfaction performance, goal, improvement ratio, sales point, raw weight, normalized raw weight untuk upaya peningkatan mutu pelayanan. Untuk analisis data kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel tingkat kepentingan dan kepuasan pasien yang ditelaah oleh peneliti kemudian disusun dalam tabel planning matrix untuk peningkatan mutu Poli KIA/KB Puskesmas Keputih Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan poli KIA/KB Puskesmas Keputih Surabaya dengan nilai Normalized Raw Weight sebesar 4,98 yang artinya belum memenuhi standar pelayanan yang baik sehingga pelaksanaan pelayanan tersebut perlu upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan terutama pada aspek fisik dan sumberdaya manusia, dimana hal tersebut merupakan prioritas kebutuhan pasien. Terdapat 10 rekomendasi dari lima atribut pelayanan poli KIA/KB yang disusun berdasarkan hasil temuan penelitian. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah secara keseluruhan mutu pelayanan manajemen Poli KIA/KB Puskesmas Keputih Surabaya perlu ditingkatkan berdasarkan lima atribut yang telah. Terdapat 5 prioritas atribut yang perlu ditingkatkan perbaikannya agar bias meningkatkan mutu pelayanan poli KIA/KB. Kata Kunci : mutu pelayanan, Poli KIA/KB, planning mat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 268/19 Mil a
Uncontrolled Keywords: mutu pelayanan, Poli KIA/KB, planning matrix
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG133-137.6 Conception. Artificial insemination. Contraception
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SAFIRA INDA MILLATI, 101511133041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, NIDN: 0014096503UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Nov 2019 01:46
Last Modified: 29 Nov 2019 01:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91701
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item