Pengaruh Penambahan Enzim a Serine Protease (Akrosin) Terhadap Perolehan Embrio Domba Ekor Gemuk (EG) pada Fertilisasi In-Vitro(Poster Seminar + Sertifikat)

Budi Utomo, NIDN. 0018055904 (2014) Pengaruh Penambahan Enzim a Serine Protease (Akrosin) Terhadap Perolehan Embrio Domba Ekor Gemuk (EG) pada Fertilisasi In-Vitro(Poster Seminar + Sertifikat). In: Seminar Presentasi Poster Hasil Penelitian pada kegiatan Research Expo as Inspiring Airlangga 2014, 19 Desember 2014, Surabaya.

[img] Text (Poster Seminar + Sertifikat)
Bukti C 34 Pengaruh Penambahan Enzim a Serine .....pdf

Download (374kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review Bukti C34.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan populasi ternak di Indonesia belum mencapai keadaan yang menggembirakan bahkan di Jawa Timur pada tahun 2007 terjadi penurunan populasi beberapa jenis ternak yaitu domba sebesar 3.24………. sedangkan ternak yang lain mengalami kenaikan yang masih jauh dari harapan (Anonimous, 2007). Pemerintah melalui program inseminasi buatan berusaha mengatasi panurunan populasi ternak domba tersebut. Namun demikian sejauh ini usaha pemerintaj tersebut belum membuahkan hasil yang optimal. Salah satu faktor utama penyebab turunnya populasi ternak domba tersebut adalah adanya gangguan reproduksi , terutama gangguan fertilisasi yaitu gagalnya sel sperma untuk menembus sel telur. Kegagalan penetrasi sperma kedalam sel telur disebabkan oleh berkurangnya potensi enzim yang ada pada spermatozoa tersebut, khususnya enzim akrosin yang berfungsi dalam penetrasi zona pelusida pada sel telur. Di Indonesia penelitian tentang peran dan fungsi akrosin dalam fertilisasi, khususnya penetrasi pada zona pelusida sel telur belum pernah dilaporkan. Tujuan jangka pendek yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui peran akrosin terhadap potensi dan kualitas spermatozoa serta dalam akrosin terhadap penetrasi zona pelusida. Sedangkan tujuan jangka panjang yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah penyediaan protein spesifik berupa akrosin untuk perbaikan fertilitas ternak khususnya domba Penelitian tahun kedua suplementasi akrosin sperma domba EG dosis 0; 3,0; 4,5 dan 6,0 pg terhadap penetrasi zona pelusida. Hasilnya yaitu: suplementasi akrosin 3,0 pg selama inkubasi 30 menit sudah cukup untuk pembelahan sel (cleavage)

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Additional Information: Poster Hasil Penelitian
Uncontrolled Keywords: Enzim a Serine Protease, Akrosin, Domba Ekor Gemuk
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF371-379 Sheep. Wool
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Reproduksi Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Budi Utomo, NIDN. 0018055904UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Erna Dwi Indriyani
Date Deposited: 03 Dec 2019 02:05
Last Modified: 03 Dec 2019 02:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item