PENGARUH PAY SATISFACTION TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT (Studi Pada Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.)

DANICA JOHANNA SILAHOOY, 041411223003 (2019) PENGARUH PAY SATISFACTION TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT (Studi Pada Karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (259kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (333kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam pengelolaan organisasi saat ini, perusahaan dituntut untuk melakukan perubahan dalam pengembangan sumber daya manusia yang bertindak sebagai dasar pembentuk usulan strategis demi mencapai visi dan misi perusahaan. Sistem pembayaran remunerasi dianggap sebagai alat kunci yang dapat berkontribusi pada efektivitas perusahaan dengan memberikan pengaruh kepada perilaku individu dan memotivasi karyawan di tempat kerja. Kepuasan pembayaran dapat dilihat sebagai bagian dari perusahaan yang mendukung dalam peningkatan motivasi kerja karyawan agar dapat menciptakan kinerja yang baik, pembentukan loyalitas karyawan kepada perusahaan dan juga menciptakan keterikatan karyawan. Bila karyawan merasa tidak puas terhadap gaji yang rendah maka dapat menyebabkan keterikatan karyawan (employee engagement) terhadap perusahaan juga menurun. Studi oleh Gallup Organization (Harter, Schmidt dan Hayes, 2002 dalam Jilani dan Juma, 2015), yang mempelajari employee engagement di 7.939 unit bisnis di 36 perusahaan, menemukan bahwa employee engagement secara positif berkaitan dengan kinerja di berbagai bidang, termasuk peningkatan kepuasan pelanggan, profitabilitas dan produktivitas. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara pay satisfaction terhadap employee engagement pada karyawan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. di Gresik berjumlah 497 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode random sampling yang ditentukan dengan metode Slovin yakni berjumlah 222 karyawan. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pay Satisfaction (X) memiliki pengaruh positif dan signinifikan terhadap Employee Engagement (Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 380/19 Sil p
Uncontrolled Keywords: Pay Satisfaction, Compensation, Rewards, Employee Engagement, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DANICA JOHANNA SILAHOOY, 041411223003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian EkowatiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2019 10:33
Last Modified: 02 Dec 2019 10:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item