PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI KOMBINASI KALSIUM PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI TIKUS BETINA DENGAN DEFISIENSI ESTROGEN

VANDA RAMADHANI, 021518066309 (2019) PENGARUH PEMBERIAN SUSU KEDELAI KOMBINASI KALSIUM PADA PERGERAKAN GIGI ORTODONTI TIKUS BETINA DENGAN DEFISIENSI ESTROGEN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
PPDS.ORT. 04-19 Ram p ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
PPDS.ORT. 04-19 Ram p DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
PPDS.ORT. 04-19 Ram p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PPDS.ORT. 04-19 Ram p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Perawatan Ortodonti pada pasien lanjut usia dipengaruhi oleh perubahan hormonal dan pengaruhnya pada proses dan prognosis perawatan tersebut. Hormon seks dapat mempengaruhi remodeling tulang. Defisiensi estrogen pada periode post-menopause mengakibatkan bone loss dan peningkatan remodeling tulang. Proses remodelling tulang selama perawatan Ortodonti pada pasien usia lanjut juga dipengaruhi oleh keseimbangan proses resorpsi dan pembentukan tulang. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengaruh susu kedelai kombinasi kalsium pada pergerakan gigi ortodonti tikus betina dengan defisiensi estrogen. Metode: 20 tikus dibagi menjadi 5 kelompok, Pada seluruh kelompok sampel dilakukan bilateral ovariectomy. Kelompok kontrol (K), dilakukan ovariektomi pengamatan pada hari ke-0, Kelompok P1 dilakukan ovariektomi, pergerakan gigi ortodonti, pemberian susu kedelai pengamatan hari ke-7, Kelompok P2 dilakukan ovariektomi, pergerakan gigi ortodonti serta pemberian susu kedelai, pengamatan hari ke-14, Kelompok P3 dilakukan ovariektomi, pergerakan gigi ortodonti, pemberian susu kedelai kombinasi kalsium pengamatan pada hari ke-7, Kelompok P4 dilakukan ovariektomi, pemasangan alat ortodonti serta pemberian susu kedelai kombinasi kalsium pengamatan pada hari ke-14. Ni-ti closed coil spring diletakkan di antara gigi insisif dan molar rahang atas untuk menggerakkan molar ke arah mesial. Ekspresi Osterix dan ALP dianalisis dengan program SPSS. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa jumlah osteoblast, ekspresi Osterix dan ALP tertinggi terdapat pada kelompok dengan pemberian Susu kedelai kombinasi kalsium hari ke-14 (P4) dengan nilai mean±SD Osterix :15,75 ± 0,2600, dan ALP dengan nilai12,60 ± 1,220. Kesimpulan: Konsumsi susu kedelai kombinasi kalsium dalam dosis yang cukup pada pasien dewasa tua maupun yang mengalami kondisi menopause sangat baik untuk menyeimbangkan kondisi hormonal, di mana kadar estrogen secara signifikan berkurang. Susu kedelai kombinasi kalsium dapat menyeimbangkan proses remodeling tulang, mempertahankan kestabilan dan kepadatan tulang selama perawatan Ortodonti, selain itu dapat menjadi salah satu alterrnatif fitoestrogen yang bagus untuk mencegah osteoporosis dan mencapai pergerakan gigi yang optimal selama perawatan Ortodonti. Jika proses remodeling tulang berlangsung seimbang, maka perawatan Ortodonti dapat dipersingkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.ORT. 04-19 Ram p
Uncontrolled Keywords: Pergerakan Gigi Ortodonti, Ovariectomy, Osterix, ALP, Susu Kedelai kombinasi Kalsium
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK520-528 Orthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Orthodontics
Creators:
CreatorsNIM
VANDA RAMADHANI, 021518066309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIDA BAGUS NARMADA, NIDN: '0007015603UNSPECIFIED
Thesis advisorTHALCA HAMID, NIDN: '0014015302UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:50
Last Modified: 04 Dec 2019 01:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item