EVALUASI KINERJA AUTOMATED URINE ANALYZER PADA COBAS U 411 DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA DALAM PROSES CONTROLLING, MAINTENANCE, DAN TROUBLESHOOTING

AYU CAHYA SRI INDRATAMA, 151610113001 (2019) EVALUASI KINERJA AUTOMATED URINE ANALYZER PADA COBAS U 411 DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA DALAM PROSES CONTROLLING, MAINTENANCE, DAN TROUBLESHOOTING. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FV. TLM. 22-19 Ind e abstrak.pdf

Download (393kB)
[img] Text
FV. TLM. 22-19 Ind e daftar isi.pdf

Download (274kB)
[img] Text
FV. TLM. 22-19 Ind e daftar pustaka.pdf

Download (278kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV. TLM. 22-19 Ind e.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Cobas U 411 Analyzer merupakan instrumen pemeriksaan fisika dan kimia urin yang bekerja secara semi otomatis untuk mengukur berbagai komponen dalam spesimen urin. Alat ini menggunakan prinsip reflectance photometer dan dapat melakukan throughput 10 detik setiap sampel atau 360 sampel/jam. Parameter pemeriksaan urin yang dapat diukur oleh alat Cobas U 411 Analyzer adalah mengukur berat jenis, pH, leukosit, nitrit, protein, glukosa, keton, urobilinogen, bilirubin, darah, dan warna pada urin. Seorang teknisi atau analis laboratorium yang bekerja menggunakan Cobas U 411 Analyzer membutuhkan pengetahuan tentang prosedur mengoperasikan alat, seperti quality control, maintenance, dan troubleshooting. Hal ini terjadi, karena kinerja autoanalyzer akan sebanding dengan pelaksanaan quality control, maintenance, dan troubleshooting. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap alat Cobas U 411 Analyzer dalam proses mengoperasikan alat, quality control, maintenance, dan troubleshooting. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi deksriptif, yaitu mengumpulkan data dari wawancara, observasi, dan studi pustaka mengenai alat Cobas U 411 Analyzer di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Quality control Cobas U 411 Analyzer bertujuan untuk memastikan kondisi instrument dan reagen dalam keadaan baik dan siap operasional. Reagen quality control terdiri dari dua macam (Negative/Positive) dan prosesnya dilakukan setiap hari sebelum alat digunakan. Maintenance merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk menjaga peralatan dalam kondisi seperti semula. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari, setiap minggu, dan setiap sistem membutuhkan untuk mengurangi sistem yang trouble pada alat. Pesan peringatan trouble Cobas U 411 yang sering terjadi adalah adanya warning ketika waktu pergantian lot reagen yang sudah expired. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil prosedur untuk mengoperasikan alat Cobas U 411 Analyzer, prosedur quality control, prosedur maintenance, kode trouble pada alat, dan prosedur penanganan jika terjadi trouble pada alat. Meskipun alat Cobas U 411 Analyzer sudah digunakan dalam kurun waktu yang lama, penggunaannya cukup mudah dan alat tidak perlu diganti.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TLM 22/19 Ind e
Uncontrolled Keywords: Cobas U 411 Analyzer, Quality Control, Maintenance, dan Troubleshooting.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Analis Medis
Creators:
CreatorsNIM
AYU CAHYA SRI INDRATAMA, 151610113001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Robi’ul Fuadi, dr., Sp.PK, NIDN :'0026127903UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 05 Dec 2019 01:51
Last Modified: 05 Dec 2019 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item