PENGEMBANGAN KOMPETENSI ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA SURABAYA

NILA ROSAWATININGSIH, 091714253013 (2019) PENGEMBANGAN KOMPETENSI ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK MADYA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (347kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset berharga bagi suatu organisasi, karena kompetensi yang berkualitas akan menghantarkan SDM tersebut pada tercapainya tujuan organisasi. Kantor Pelayanan Pajak Madya Surabaya merupakan salah satu unit kerja Direktorat Jendral pajak pada tingkat middle tax payer. Isu terkait tidak tercapainya target penerimaan pajak menjadi tanggung jawab para Account Representative (AR) yang secara langsung bertugas untuk menggali potensi penerimaan pajak. Studi pendahuluan menyebutkan bahwa masalah kompetensi memerlukan penanganan yang serius agar dapat segera diperbaiki, dirubah, dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi, sehingga Kantor Pelayanan Pajak Madya Surabaya mampu mencapai target penerimaan yang telah ditentukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi yang dimiliki Account Representative (AR) dan mengembangkan kompetensi yang kurang agar lebih berkualitas. Informan pada penelitian ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari 1 Account Representative (AR) pelayanan, 5 Account Representative (AR) pengawasan, 3 wajib pajak, 1 kepala seksi pelayanan, 1 kepala seksi bagian umum dan kepatuhan internal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yakni dalam hal pengetahuan, keterampilan, motif dalam bekerja, watak dan konsep diri Account Representative (AR) di Kantor Pelayanan Pajak Madya Surabaya perlu ditingkatkan, hard competency adalah aspek yang penting untuk menunjang kegiatan teknis dalam pekerjaan namun soft competency juga harus ditekankan sebagai jembatan dalam meraih target penerimaan pajak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPS 31/19 Ros p
Uncontrolled Keywords: Development, competence, Account Representative (AR), Increased tax revenue
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
T Technology > T Technology (General) > T175-178 Industrial research. Research and development
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > S2 Pengembangan Sumber Daya Manusia
Creators:
CreatorsNIM
NILA ROSAWATININGSIH, 091714253013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWindijartoUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2019 08:58
Last Modified: 06 Dec 2019 08:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item