KONSTRUKSI IDENTITAS ANAK MUDA URBAN PEMBACA KARYA SASTRA JAWA

Nur Qoni’atul Mushlihah, 071511631001 (2019) KONSTRUKSI IDENTITAS ANAK MUDA URBAN PEMBACA KARYA SASTRA JAWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS IIP 87 19 Mus k ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
FIS IIP 87 19 Mus k DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
FIS IIP 87 19 Mus k DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] Text
FIS IIP 87 19 Mus k SKRIPSI_JURNAL PDF.pdf

Download (321kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS IIP 87 19 Mus k.pdf
Restricted to Registered users only until 9 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Aktifitas membaca saat ini tidak diartikan sebagai sebuah kegiatan fisik yang hanya melibatkan unsru-unsur visual saja, namun merupakan aktifitas budaya yang di dalamnya terjadi proses konsumsi dan produksi yang penuh dengan makna. Jenis bacaan populer semakin berkembang di masyarakat sehingga menyurutkan bacaan-bacaan lama seperti sastra jawa. Di tengah maraknya bacaan populer yang banyak digemari anak muda, terdapat sekelompok anak muda urban yang gemar terhadap bacaan karya sastra jawa yang dinilai kuno, serius, dan berat. Aktifitas membaca yang dilakukan anak muda ini tidak hanya menghasilkan makna secara individual, namun membentuk aktifitas budaya baru di antara sesama penggemar karya sastra jawa. Makna yang dihasilkan oleh penggemar akan direpresentasikan dalam kehidupan dan membentuk sebuah identitas. Studi kualitatif ini berusaha untuk mengungkap makna dan identitas yang terbentuk dari hasil membaca karya sastra jawa oleh anak muda urban. Studi ini menggunakan metode etnografi dengan perspektif cultural studies yang terpusat pada eskplorasi kualitatif aktifitas membaca sebagai praktik kebudayaan. Dengan dibantu teori Sirkuit Budaya milik Stuart Hall studi ini mengungkap bagaimana pemaknaan yang dilakukan oleh anak muda urban menghasilkan makna yang beragam dan menjadi identitas khusus yang identik dari anak muda urban sebagai pembaca karya sastra jawa. Studi ini menghasilkan lima tipologi identitas pembaca karya sastra jawa yaitu: Early Identity, Unconsistant Identity, Consistant Identity, Constructional Identity, Resistance Identity.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 87/19 Mus k
Uncontrolled Keywords: konstruksi identitas, membaca karya sastra jawa, anak muda urban, cultural studies, sirkuit budaya.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Nur Qoni’atul Mushlihah, 071511631001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, Dra., M.Si., NIDN :'0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Dec 2019 04:35
Last Modified: 09 Dec 2019 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item