PENDAFTARAN, PENELITIAN, DAN PENETAPAN BAKAL CALON ANGGOTA DPRD KOTA SURABAYA PADA PEMILU 2019 (Studi Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) pada Pendaftaran, Penelitian, dan Penetapan Anggota DPRD dalam Perspektif Integritas Pemilu)

Endah Yuli Ekowati, 071714453009 (2019) PENDAFTARAN, PENELITIAN, DAN PENETAPAN BAKAL CALON ANGGOTA DPRD KOTA SURABAYA PADA PEMILU 2019 (Studi Implementasi Kebijakan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) pada Pendaftaran, Penelitian, dan Penetapan Anggota DPRD dalam Perspektif Integritas Pemilu). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TP 09 19 Eko p ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
TP 09 19 Eko p DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
TP 09 19 Eko p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TP 09 19 Eko p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Proses pendaftaran, penelitian dan penetapan daftar calon anggota legislatif merupakan salah satu tahapan yang penting, bukan hanya tahap ini sebagai awal penentuan peserta atau bakal calon yang akan bersaing untuk meraih partisipasi suara pemilih dalam pemilu legislatif, juga dikarenakan pada tahun 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) memanfaatkan inovasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Penelitian dilakukan di KPU Kota Surabaya dengan metode kualitatif deskriptif untuk menjelaskan kebijakan implementasi Silon sebagai upaya mewujudkan integritas dalam proses pendaftaran, penelitian dan penetapan daftar calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya pada pemilu tahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses pencalonan yang dilaksanakan KPU Kota Surabaya sudah cukup baik, namun masih ditemukan beberapa kelemahan. Masih diperlukan perbaikan dan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya: diperlukan konsistensi dalam mewujudkan pemilu berintegritas; kepastian hukum dalam memanfaatkan Silon; profesionalisme KPU dalam menjalankan kebijakan Silon, partisipasi masyarakat dalam uji publik; serta kesiapan partai politik menerima inovasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, merekomendasikan perlunya membuat perencanaan aplikasi dan infrastruktur Silon; meningkatkan dan memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); menambah kegiatan sosialisasi mengenai tahapan pencalonan kepada peserta pemilu dan pemilih; serta melakukan perbaikan pada petunjuk teknis yang sudah ada saat ini. Rekomendasi yang ditawarkan peneliti bertujuan sebagai sarana untuk penguatan kelembagaan penyelenggara pemilu serta perbaikan pada proses pendaftaran, penelitian dan penetapan daftar calon dengan memanfaatkan Silon.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TP 09/19 Eko p
Uncontrolled Keywords: Silon; pemilu berintegritas; pendaftaran, penelitian, dan penetapan; bakal calon legislatif,.
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Endah Yuli Ekowati, 071714453009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Ramlan Surbakti, Drs., M.A., Ph.D.,, NIDN :'0020065102UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Dec 2019 04:42
Last Modified: 13 Dec 2019 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92587
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item