PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 DI KABUPATEN BUTON Studi Malapraktek Pemilu di Tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS)

NAMA: AWALUDDIN, 071714453014 (2019) PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILU SERENTAK TAHUN 2019 DI KABUPATEN BUTON Studi Malapraktek Pemilu di Tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TP 11 19 Awa p ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
TP 11 19 Awa p DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
TP 11 19 Awa p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TP 11 19 Awa p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk malapraktek Pemilu yang terjadi pada proses pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) dalam penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Buton. Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor apa yang mempengaruhi terjadinya Malapraktek Pemilu di Kabupaten Buton, focus pada proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah description research. Sumber data dalam penulisan tesis ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dan hasil observasi. Wawancara terstruktur dilakukan kepada penyelenggara Pemilu di Kabupaten Buton dalam hal ini anggota Bawaslu, KPU, PPK, PPS dan KPPS. Sedangkan observasi pada proses pemungutan dan penghitungan suara dilakukan di 2 (dua) TPS berbeda yakni TPS 001 Desa Bungi, dan TPS 004 Kelurahan Kombeli. Sementara itu, data sekunnder berupa data pemilih, data hasil pemungutan dan penghitungan suara, data rekapitulasi hasil penghitungan suara, surat, serta regulasi terkait proses pemungutan dan penghitungan suara. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis denga cara mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya malapraktek Pemilu pada proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS berupa ghost voters, double voting, penulisan fomulir C1 yang tidak akurat, manipulasi perolehan suara peserta Pemilu, kekurangan logistik, data pemilih yang tidak akurat, pemungutan suara yang tidak memberikan kenyamanan bagi semua kelompok pemilih serta pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara dalam taraf tertentut tidak transparan dan tidak akurat. Sementara faktor yang mempengaruhi terjadinya malapraktek berupa beban kerja yang berat, minimnya kompetensi petugas KPPS, regulasi yang berubah-ubah dan tidak berkepastian hukum, saksi peserta Pemilu kurang memahami tugas dan perannya di TPS, dan jumlah logistk yang banyak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP 11/19 Awa p
Uncontrolled Keywords: Pemilu Demokratis, Malapraktek Pemilu, Pemungutan dan penghitungan Suara
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
NAMA: AWALUDDIN, 071714453014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Ramlan Surbakti, Drs., MA., Ph.D, NIDN :'0020065102UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Dec 2019 05:06
Last Modified: 13 Dec 2019 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item