AFILIASI POLITIK PONDOK PESANTREN DALAM PILPRES 2019 DI KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus : Perbandingan Dukungan Pesantren Sunan Drajad dan Matholiul Anwar)

SHOFIATUL UMMAH, 071714453005 (2019) AFILIASI POLITIK PONDOK PESANTREN DALAM PILPRES 2019 DI KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus : Perbandingan Dukungan Pesantren Sunan Drajad dan Matholiul Anwar). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TP 12 19 Umm a ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
TP 12 19 Umm a DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
TP 12 19 Umm a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TP 12 19 Umm a.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari persamaan dan perbedaan dukungan pesantren di dalam pemilihan preisden dan wakil presiden 2019, adapun yang dilakukan di dalam penelitian ini hanyalah sebatas membandingkan sisi apa saja yang sama dan apa saja yang berbeda dari dua pesantren besar di Lamongan yakni pesantren Sunan Drajad dan pesantren Matholiul Anwar. Hal itu menarik untuk dilakukan mengingat kedua pesantren merupakan pesantren yang berlatarbelakang NU dan sama-sama memiliki basis dukungan yang kuat di wilayah Lamongan. Pesantren Sunan Drajad sejak awal pilpres telah menyatakan dukungannya untuk Prabowo-Sandi secara penuh. Sedangkan pesantren Matholiul Anwar secara langsung tidak mendeklarasikan dukungannya secara umum namun bisa terlihat dari kegiatan-kegiatan yang diikuti selama proses kampanye Jokowi-Ma’ruf. Adapun perumusan masalah yang peneliti ajukan adalah mengapa pesantren Sunan Drajad mendukung Prabowo-Sandi dan pesantren Matholiul Anwar mendukung Jokowi-Ma’ruf. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini ialah metode kualitatif eksplanatif dengan dianalisa menggunakan teori perbandingan politik dengan konsep new institusionalisme, elite, dan afiliasi politik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pesantren berafiliasi karea kekuatan elit di dalamnya, elit di dalam pesantren adalah kiai pengasuh pondok pesantren, alasan kuat mengapa pesantren berafiliasi politik adalah karena alasan spiritual dan alasan kepartaian. Dalam upaya memberikan dukungan kepada Prabowo pimpinan pesantren Sunan Drajad yakni KH. Abdul Ghofur dilakukan dengan cara berkampanye melalui kajian-kajia pondok yang disiarkan melalui radio dan Televisi pondok, ikut berkampanye bersama pasangan presiden 02. Sedangkan strategi yang dilakukan oleh pesantren Matholiul Anwar ialah dengan mengajak keluarga besarnya untk sama-sama memenangkan Jokowi, mengundang KH. Ma’ruf Amin ke yayasan pesantren.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP 12/19 Umm a
Uncontrolled Keywords: Afiliasi Politik, Pemilih Pemula, Elit Politik, Mobilisasi Politik, Strategi Politik
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SHOFIATUL UMMAH, 071714453005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Dwi Windyastuti Budi Hendararti Dra., MA, NIDN :'0027096101UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Dec 2019 05:11
Last Modified: 13 Dec 2019 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item