Kebijakan Desekuritisasi Indonesia Dalam Menangani Pengungsi Luar Negeri

Heavy Nala Estriani (2019) Kebijakan Desekuritisasi Indonesia Dalam Menangani Pengungsi Luar Negeri. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
THI 10 19 Est k ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
THI 10 19 Est k DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
THI 10 19 Est k DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (FULLTEXT)
THI 10 19 Est k.pdf
Restricted to Registered users only until 16 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: -

Abstract

Penelitian ini fokus dalam mengkaji mengenai kebijakan Indonesia dalam menangani pengungsi dari luar negeri.Berangkat menggunakan teori sekuritisasi-desekuritisasi yang diusung kelompok Copenhagen School, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa mengapa Indonesia menerapkan kebijakan yang lebih mengarah ke desekuritisasi dalam penanganan pengungsi luar negeri. Tidak seperti negara lain yang cenderung melakukan sekuritisasi pengungsidengan menganggap pengungsi sebagai existential threat. Indonesia justru sebaliknya, isu dan persoalan pengungsi di Indonesia era pemerintahan Joko Widodo cenderung lebih terbuka dibandingkan pemerintahan sebelumnya. Oleh karena Indonesia tidak memasukkan isu pengungsi ke dalam agenda keamanan, dan tidak mempresepsikan pengungsi sebagai ancaman keamanan, sehingga Indonesia tidak membutuhkan adanya emergency action dalam merespon penanganan pengungsi luar negeri. Menggunakan metode studi lapangan dan kajian literatur, penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga indikator yang mempengaruhi Indonesia untuk menerapkan kebijakan desekuritisasi terhadap pengungsi yakni; status Indonesia sebagai negara transit; pengaruh internal seperti aspek sosial dan ekonomi; dan pengaruh eksternal yang mendorong Indonesia untuk menerapkan kebijakan pro-pengungsi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI 10/19 Est k
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Pengungsi, Desekuritisasi
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Heavy Nala EstrianiNIM071714553014
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika SoesilowatiNIDN0030076404
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:06
Last Modified: 16 Dec 2019 08:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92665
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item