DETERMINAN KEPUTUSAN PENGUSAHA MIKRO KECIL SEKTOR KULINER DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH MELALUI BAITUL MAAL WA TAMWIL AMANAH UMMAH SURABAYA

FAISHOL LUTHFI (2019) DETERMINAN KEPUTUSAN PENGUSAHA MIKRO KECIL SEKTOR KULINER DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH MELALUI BAITUL MAAL WA TAMWIL AMANAH UMMAH SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TSEI. 26-19 Lut d ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
TSEI. 26-19 Lut d DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
TSEI. 26-19 Lut d DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TSEI. 26-19 Lut d BR.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan keputusan pengusaha mikro dan kecil sektor kuliner dalam memilih pembiayaan murabahah melalui BMT Amanah Ummah. Adapun subjek penelitian ini adalah pengusaha mikro dan kecil pada BMT Amanah Ummah. Sampel penelitian ini berjumlah 100 pengusaha mikro dan kecil sektor kuliner anggota BMT Amanah Ummah yang diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratory factor analysis. Penelitian ini akan merumuskan 20 indikator yang diperoleh dari preliminary test dan kemudian direduksi menjadi faktor atau variabel. Variabel yang akan diteliti adalah keputusan pengusaha mikro dan kecil sektor kuliner dalam memilih pembiayaan murabahah melalui BMT Amanah Ummah. Tahapan metode penelitian adalah preliminary test, studi kepustakaan, serta main test yang dilakukan terhadap 100 pengusaha mikro dan kecil sektor kuliner anggota BMT Amanah Ummah Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi keputusan pengusaha mikro dan kecil sektor kuliner dalam memilih pembiayaan murabahah melalui BMT Amanah Ummah Surabaya. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor kemudahan layanan, faktor kompensasi, faktor kepercayaan, faktor citra BMT dan faktor profesionalitas. Pembiayaan juga berdampak terhadap pengusaha mikro dan kecil, baik dari sisi madiyah welfare maupun spiritual welfare. Dampak pembiayaan dari sisi madiyah welfare bisa ditunjukkan dengan adanya peningkatan pendapatan usaha. Ditinjau dari sisi spiritual welfare, pembiayaaan dari BMT Amanah Ummah telah membantu peningkatan ibadah pengusaha mikro dan kecil.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI. 26-19 Lut d
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pengusaha Mikro dan Kecil; Baitul Maal wa Tamwil; Exploratory Factor Analysis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
FAISHOL LUTHFINIM091714553001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRIRIN TRI RATNASARINIDN0026117504
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Dec 2019 05:12
Last Modified: 17 Dec 2019 05:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item