Inovasi Pengolahan Lamun (Cymodocea Sp.) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas Di Balai Besar Pengujian Dan Penerapan Hasil Perikanan (Bbp2hp), Jakarta Timur.

Prisvon Eka Aijerin (2019) Inovasi Pengolahan Lamun (Cymodocea Sp.) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kertas Di Balai Besar Pengujian Dan Penerapan Hasil Perikanan (Bbp2hp), Jakarta Timur. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PKL.PK.THP.21-19 Aij i abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PKL.PK.THP.21-19 Aij i daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (FULL TEXT)
PKL.PK.THP.21-19 Aij i full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
PKL.PK.THP.21-19 Aij i daftar isi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai jenis tumbuhan lamun diketahui memiliki kandungan selulosa tinggi, dapat diketahui pula memiliki suatu tingkat pertumbuhan yang cepat dibandingkan tingkat pertumbuhan kayu/pohon yang dapat mencapai bertahuntahun. Hal ini menjadi nilai lebih dari lamun apabila digunakan sebagai bahan baku inovasi dalam pembuatan kertas. Dalam proses pengolahan kertas tidaklah sulit, hanya diperlukan sebuah keterampilan dan sering berlatih dalam proses pencetakkan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Pengujian dan Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) Jl. Raya Setu No. 70, Kel.Setu, Cipayung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13880. Kegiatan Praktek Kerja lapang dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2017 sampai 24 Februari 2017.Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Teknik pengolahan kertas lamun di BBP2HP menggunakan metode kimia dan melalui tiga tahap yaitu, proses pembuatan pulping ekstraksi serat lamun dan pelepah pisang, proses bleaching plup lamun dan pelepah pisang, dan proses pembuatan kertas. Proses estraksi serat dimulai dari proses perebusan dan pengadukan hingga lamun dan pelepah pisang menjadi lunak. Penambahan pelepah pisang kedalam pembuatan lamun memiliki kemampuan sebagai penguat serat yang dapat membuat hasil kertas tidak mudah sobek. Proses pencetakkan kertas lamun yang dihasilkan menggunakan screen cetak (hand made). Dalam usaha pengolahan kertas lamun ini dikatakan impas apabila jumlah produksi minimal 2.306 pcs per bulan pada harga jual Rp. 4000/pcs.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKC KK PKL.PK.THP.21/19 Aij I
Uncontrolled Keywords: INOVASI PENGOLAHAN LAMUN (Cymodocea sp.),BAHAN BAKU, KERTAS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Prisvon Eka AijerinNIM141511233088
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi MasithahNIDN0012096902
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 01 Feb 2020 05:23
Last Modified: 01 Feb 2020 05:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item