UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN ANALISIS HOSPITAL SERVICE QUALITY, HOSPITAL BRAND IMAGE DAN KEPUASAN PASIEN (Studi di Instalasi Rawat Inap RSUD Piru, Seram Bagian Barat, Maluku)

KRISBIANTO (2019) UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN ANALISIS HOSPITAL SERVICE QUALITY, HOSPITAL BRAND IMAGE DAN KEPUASAN PASIEN (Studi di Instalasi Rawat Inap RSUD Piru, Seram Bagian Barat, Maluku). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 48 19 Kri u ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text
TKA 48 19 Kri u DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
TKA 48 19 Kri u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 48 19 Kri u.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan rumah sakit. Nilai rerata kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Piru selama Oktober-Desember tahun 2018 tergolong rendah dengan nilai 2,655. Penelitian ini bertujuan menyusun upaya peningkatan mutu pelayanan pasien di instalasi rawat inap RSUD Piru melalui analisis hospital service quality, hospital brand image dan kepuasan pasien. Rancang bangun penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan di RSUD Piru pada bulan Desember 2018-Juni 2019. Populasi penelitian ini adalah pasien yang sudah mendapatkan pelayanan rawat inap. Besar sampel sebanyak 104 responden dengan teknik sampling secara consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hospital service quality, hospital brand image, dan kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Piru tergolong baik. Dimensi hospital service quality yang berpengaruh adalah waiting time dokter (p=0,000, b=0,285), valence (p=0,000, b=0,257), attitude dokter (p=0,000, b=0237), ambient condition (p=0,001, b=0,160), expertise perawat (p=0,015, b=0,134) dan behavior dokter (p=0,045, b=0,115). Dimensi hospital brand image yang berpengaruh yakni types of brand association (p=0,000, b=0,566) dan strength of brand association (p=0,002, b=0,351). Manajemen rumah sakit sebaiknya memprioritaskan perbaikan hospital service quality karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh hospital service quality lebih kuat daripada hospital brand image terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 48/19 Kri u
Uncontrolled Keywords: peningkatan mutu, service quality, brand image, kepuasan pasien, rawat inap
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
KRISBIANTONIM101714453051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS. SupriyantoNIDN0016094902
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:37
Last Modified: 18 Dec 2019 07:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92779
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item