Pengelolaan Limbah Proses Pengalengan Ikan Tuna Di Pt. Aneka Tuna Indonesia, Pasuruan, Jawa Timur

Intan Firdausy Saiin (2019) Pengelolaan Limbah Proses Pengalengan Ikan Tuna Di Pt. Aneka Tuna Indonesia, Pasuruan, Jawa Timur. Other thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PKL.PK.THP.25-19 Sai p abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PKL.PK.THP.25-19 Sai p daftar isi.pdf

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PKL.PK.THP.25-19 Sai p daftar pustaka.pdf

Download (327kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PKL.PK.THP.25-19 Sai p full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan tuna dalam kaleng didefinisikan sebagai potongan daging putih ikan tuna yang telah mengalami pemasakan pendahuluan dan dikalengkan dalam medium minyak atau air garam (brine). Limbah pada produksi ikan tuna dapat berupa kepala, isi perut, tulang, sirip, sisa daging dan kulit. Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah untuk mengetahui cara pengelolaan limbah cair dan limbah padat pada pengalengan ikan tuna di PT. Aneka Tuna Indonesia, Pasuruan, Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang (PKL) telah dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2018 hingga 23 Januari 2019. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dan metode pengambilan data. Metode deskriptif yaitu metode yang berusaha mendeskripsikan suatu keadaan, peristiwa, objek atau segala sesuatu berdasarkan pengamatan dan fakta yang terjadi di lapangan. Sedangkan metode pengambilan data, meliputi data primer dan data sekunder yang dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Limbah yang dihasilkan PT. Aneka Tuna Indonesia adalah limbah yang dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk, contohnya limbah padat yang akan diolah menjadi tepung ikan (fish meal), dan limbah cair berupa minyak yang akan diolah menjadi fish juice. Limbah cair yang tidak dapat dimanfaatkan akan di treatment di Waste Water Treatment Plant (WWTP) sehingga sesuai dengan baku mutu air limbah yang ditetapkan oleh PerGub Jatim Nomor 72 Tahun 2013. Hambatan yang terjadi dalam proses pengolahan fish juice dan tepung ikan yaitu adanya hama berupa lalat atau serangga. Sedangkan dalam mengoperasikan WWTP, hambatan yang terjadi yaitu timbul busa (foam) pada kolam aerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKC KK.PKL.PK.THP.25/19 Sai p
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN LIMBAH, PENGALENGAN IKAN TUNA
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Intan Firdausy SaiinNIM141611233024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka SaputraNIDN0025108605
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 01 Feb 2020 05:31
Last Modified: 01 Feb 2020 05:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item