UPAYA PERBAIKAN SISTEM ANTRIAN DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA DAN QUEUEING THEORY (Studi di Klinik Bedah Rumah Sakit Onkologi Surabaya)

DWI RAHAYUNINGTYAS (2019) UPAYA PERBAIKAN SISTEM ANTRIAN DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA DAN QUEUEING THEORY (Studi di Klinik Bedah Rumah Sakit Onkologi Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 49 19 Rah u ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
TKA 49 19 Rah u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] Text
TKA 49 19 Rah u DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 49 19 Rah u.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menunggu dalam pelayanan kesehatan adalah aktivitas yang tidak menyenangkan dan dapat menyebabkan kecemasan dan ketegangan karena ketidakpastian dari waktu yang dibutuhkan untuk menunggu. Agar dapat mempertahankan kualitas pelayanan, Rumah Sakit Onkologi Surabaya menetapkan standar waktu tunggu pasien rawat jalan. Waktu tunggu pasien rawat jalan yang melebihi 60 menit tidak lebih dari 10% setiap bulannya. Dalam tiga tahun terakhir (2016 – 2018), waktu tunggu pasien klinik bedah selalu melebihi standar. Penelitian operasional yang dilakukan pada Desember 2018 hingga Juli 2019 bertujuan untuk menyusun rekomendasi yang dapat menurunkan waktu tunggu pasien klinik bedah Rumah Sakit Onkologi Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis menggunakan pendekatan six sigma (Define – Measure – Analyze – Improve – Control) dan queueing theory. Ditetapkan standar waktu tunggu dan waktu pelayanan untuk mengidentifikasi defek. Aktivitas dengan defek lebih dari 10% merupakan critical to quality. Notasi Kendall dari sistem antrian klinik bedah Rumah Sakit Onkologi Surabaya adalah M/M/1/∞/FCFS. Cause effect analysis dengan fishbone diagram dilakukan pada ketiga isu strategis dalam penelitian ini. Langkah perbaikan yang dipilih dan diimplementasikan dalam penelitian ini terdiri atas peninjauan serta penyusunan ulang alur pelayanan pasien dan penysunan appointment system yang spesifik sebagai pilot project dengan tujuan untuk mengelola sumber input pada sistem antrian. Kesimpulan evaluasi hasil implementasi langkah perbaikan menunjukkan adanya penurunan waktu tunggu pasien dan peningkatan nilai sigma pada aktivitas dalam alur pelayanan yang dipengaruhi langsung oleh appointment system.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 49/19 Rah u
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu rawat jalan, six sigma, queueing theory, appointment system
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
DWI RAHAYUNINGTYASNIM101714453012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly ChalidyantoNIDN0008117102
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:40
Last Modified: 18 Dec 2019 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92781
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item