PENGEMBANGAN MODEL STRUKTURAL KEPATUHAN PEMBATASAN ASUPAN CAIRAN PADA KLIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) YANG MENJALANI PROGRAM HEMODIALISIS

NURUL HIDAYAH (2019) PENGEMBANGAN MODEL STRUKTURAL KEPATUHAN PEMBATASAN ASUPAN CAIRAN PADA KLIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK (PGK) YANG MENJALANI PROGRAM HEMODIALISIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 46 19 Hid p ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
TKP 46 19 Hid p DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
TKP 46 19 Hid p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 46 19 Hid p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Penyakit Ginjal Kronik (PGK) menjadi masalah kesehatan utama seluruh dunia mengakibatkan angka morbiditas dan mortalitas tinggi serta beban sosial dan finansial yang signifikan. Pembatasan asupan cairan masih menjadi masalah utama pada perawatan klien PGK yang menjalani program hemodialisis. Masalah kelebihan cairan di RSUD Kabupaten masih ditemukan sebesar 58%. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model struktural kepatuhan pembatasan cairan klien PGK dengan hemodialisis. Metode: Jenis penelitian obsevasional study dengan desain cross-sectional. Sampel 110 klien hemodialisis dan keluarga pada Juni 2019 di unit hemodialisa RSUD Kabupaten Jombang. Variabel independen adalah variabel faktor keluarga: pengetahuan; penghasilan; lingkungan; struktur; fungsi dan tugas kesehatan; stres dan strategi koping., variabel faktor klien: respon mental; status fisik (IDWG); dukungan emosional dan sosial; respon spiritual, variabel perawat: peran perawat (edukator). Variabel dependen adalah kepatuhan pembatasan cairan. Pengumpulan data secara wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan SEM PLS. Hasil: Variabel Faktor keluarga berpengaruh secara signifikan (9.4301), variabel faktor klien tidak berpengaruh secara sidnifikan (0.2384), dan variabel peran perawat tidak berpengaruh secara signifikan (1.0007) terhadap kepatuhan pembatasan cairan. Diskusi dan kesimpulan: Model struktural kepatuhan pembatasan cairan terdiri dari faktor keluarga (pengetahuan, pendapatan, struktur, fungsi dan tugas, stres dan strategi koping keluarga), menunjukkan pengaruh positif terhadap kepatuhan pembatasan asupan cairan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 46/19 Hid p
Uncontrolled Keywords: kepatuhan, cairan, CKD, hemodialisis, model, FCN
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL HIDAYAHNIM131714153028
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni HaryantoNIDN0008066305
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:08
Last Modified: 29 Sep 2020 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item