DESAIN MODEL KANVAS PADA PENGEMBANGAN PRODUK INDIHOME FREEDOM UNTUK MEMENANGKAN SEGMEN PASAR MILENIAL (Studi pada PT Telkom Indonesia, Tbk)

WINONA ALMIRA (2019) DESAIN MODEL KANVAS PADA PENGEMBANGAN PRODUK INDIHOME FREEDOM UNTUK MEMENANGKAN SEGMEN PASAR MILENIAL (Studi pada PT Telkom Indonesia, Tbk). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
MM. 85-19 Alm d ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
MM. 85-19 Alm d DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
MM. 85-19 Alm d DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (FULLTEXT)
MM. 85-19 Alm d BR.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan Telkom untuk menguatkan kembali porsi market share-nya adalah dengan mengembangkan produk inovasi bernama IndiHome Freedom yang menyasar segmen pasar milenial. Milenial kini menjadi target yang sangat potensial dalam bisnis digital. Berdasarkan survei, jumlah pengguna layanan internet di Indonesia didominasi oleh segmen ini. Meski potensial, milenial memiliki standar ekspektasi yang cukup tinggi terhadap kualitas layanan digital. Agar produk IndiHome Freedom memenangkan segmen pasar ini, dibutuhkan suatu rancangan model bisnis yang terencana dan dapat dijadikan acuan strategis bagi Telkom. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat rancangan bisnis yang komprehensif bagi Telkom dalam memenangkan pasar milenial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi manajemen perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan strategis untuk mengembangkan produk inovasi IndoHome Freedom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan konsep business model canvas. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara mendalam, focus group discussion, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, ditemukenali adanya gap di blok elemen value propositions dan customer relationships. Kesenjangan pada blok elemen ini memberikan peluang bagi perusahaan dalam melakukan pengembangan produk sesuai persepsi konsumen. Sehingga desain kanvas yang dihasilkan tidak hanya dapat diaplikasikan dalam jangka pendek untuk memenangkan pasar, namun juga dapat menjadi acuan jangka panjang perusahaan ketika melakukan pengembangan produk inovasi lainnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM. 85-19 Alm d
Uncontrolled Keywords: model bisnis kanvas, strategi bisnis, keunggulan kompetitif
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WINONA ALMIRANIM041724353065
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTANTI HANDRIANANIDN0018056905
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:24
Last Modified: 19 Dec 2019 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item