EKSPRESI BONE MORPHOGENETIC PROTEIN - 2 (BMP - 2) PADA TULANG MANDIBULA TIKUS MODEL OSTEOPOROSIS SETELAH PEMBERIAN HUMAN UMBILICAL CORD MESENCHYMAL STEM CELL (hUCMSCs)

CINDY KARINA HARTONO (2019) EKSPRESI BONE MORPHOGENETIC PROTEIN - 2 (BMP - 2) PADA TULANG MANDIBULA TIKUS MODEL OSTEOPOROSIS SETELAH PEMBERIAN HUMAN UMBILICAL CORD MESENCHYMAL STEM CELL (hUCMSCs). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
PPDGS.PROS. 11-19 Har e ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
PPDGS.PROS. 11-19 Har e DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
PPDGS.PROS. 11-19 Har e DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PPDGS.PROS. 11-19 Har e BR.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang. Saat perempuan mencapai usia 50 tahun, akan mengalami menopause yang memengaruhi penurunan hormon estrogen. Penurunan hormon estrogen dapat menyebabkan defek Mesenchymal Stem Cell (MSC) yang mengganggu metabolisme tulang. Gangguan metabolisme tulang adalah penyebab terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu, diperlukan sumber MSC yang lain untuk kebutuhan regenerasi sel dan pertumbuhan sel tulang kembali. Pemberian Human Umbilical Cord Mesenchymal Stem Cells (hUCMSCs) sebagai sumber MSC dapat meningkatkan regenerasi tulang. Tujuan. Tujuan dari seluruh penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa pemberian hUCMSCs dapat meningkatkan ekspresi Bone Morphogenetic Protein–2 (BMP-2) pada tulang mandibula tikus model osteoporosis. Metode Penelitian. Desain penelitian ini adalah true experimental post-test only control group design. 25 tikus Wistar betina secara acak dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari kontrol normal (Sham Surgery) (N), kelompok osteoporotik diinjeksi dengan gelatin selama 4 minggu (G4), 8 minggu (G8), dan kelompok osteoporotik diinjeksi dengan hUCMSC-gelatin selama 4 minggu (SC4) dan 8 minggu (SC8). Kemudian, dilakukan perhitungan jumlah ekspresi BMP-2 dengan menggunakan mikroskop cahaya pembesaran 400x. Data hasil perhitungan dilakukan uji One Way ANOVA dan Tukey HSD. Hasil. Dibandingkan antar kelompok, level ekspresi tertinggi BMP-2 pada kelompok kontrol normal (Sham Surgery) (N) dan kelompok osteoporotik yang diinjeksi dengan hUCMSCs-gelatin pada 8 minggu (SC8). Kesimpulan. Pemberian hUCMSCs dapat meningkatkan ekspresi BMP - 2 pada tulang mandibula tikus model osteoporosis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PROS. 11-19 Har e
Uncontrolled Keywords: BMP-2, Mesenchymal Stem Cells, Regenerasi Tulang, Umbilical Cord, Osteoporosis
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Creators:
CreatorsNIM
CINDY KARINA HARTONONIM021718076305
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:31
Last Modified: 19 Dec 2019 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item