UPAYA PEMANFAATAN METODE PERFORMANCE BASED BUDGETING DALAM PROSES PENGANGGARAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT DI DINAS KESEHATAN (Studi Kasus di Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang)

MUHAMMAD MAMAN FIRMANSYAH (2019) UPAYA PEMANFAATAN METODE PERFORMANCE BASED BUDGETING DALAM PROSES PENGANGGARAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT DI DINAS KESEHATAN (Studi Kasus di Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sampang). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKA 24 19 Fir u ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
TKA 24 19 Fir u DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
TKA 24 19 Fir u DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 24 19 Fir u.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Capaian kinerja upaya kesehatan dapat menggambarkan status kesehatan suatu wilayah. Ketersediaan anggaran yang memadai merupakan salah satu input untuk menghasilkan kinerja. Total anggaran belanja langsung yang diperoleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang pada tahun 2015-2017 mengalami kenaikan yang signifikan. Namun jumlah dan proporsi anggaran untuk UKM mengalami penurunan pada tahun 2015-2017. Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya proporsi anggaran upaya kesehatan masyarakat (UKM) dari 10,59% pada tahun 2015 menjadi 8,85% pada tahun 2016 lalu menjadi 3,49% pada tahun 2017 di Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data kuantitatif menggunakan kuesioner dan didukung oleh brainstorming untuk memperoleh masukan rekomendasi atas hasil penelitian. Unit analisis penelitian ini adalah Dinas Kesehatan Kabupaten. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan responden. Responden pada penelitian ini terdiri dari 4 Kepala Dinas Kesehatan, 8 Kepala Bidang, 24 Kepala Seksi, dan 36 Programmer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis deskriptif dan analisis asosiatif (korelatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan informasi kinerja, pengetahuan, komitmen, ketersediaan dan kelengkapan data, dan dukungan pimpinan dinas kesehatan berhubungan dengan implementasi penganggaran berbasis kinerja (performance based budgeting) dalam proses penganggaran program upaya kesehatan masyarakat (UKM) di Dinas Kesehatan Kabupaten. Rekomendasi terhadap peningkatan anggaran upaya kesehatan masyarakat (UKM) menggunakan metode performance based budgeting di Dinas Kesehatan antara lain: membuat sistem informasi manajemen perencanaan dan penganggaran yang andal, membuat kontrak kinerja secara berjenjang, menerbitkan peraturan daerah dan petunjuk teknis terkait kewajiban implementasi PBK, memberikan insentif tambahan untuk tugas tambahan, memasukkan materi tentang penganggaran berbasis kinerja pada Diklat Pimpinan Kepala Bidang dan Kepala Dinas Kesehatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 24/19 Fir u
Uncontrolled Keywords: Upaya Kesehatan Masyarakat, Penganggaran, Kinerja, Dinas Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA638 Immunity and immunization in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD MAMAN FIRMANSYAHNIM101714453032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawatyNIDN0020046605
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:00
Last Modified: 19 Dec 2019 03:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item