Aktivitas Antibakteri Yang Dihasilkan Oleh Bakteri Asam Laktat Dari Produk Perikanan Terhadap Bakteri Food Borne Disease (Eschericia Coli,Staphylococcus Aureus, Dan Salmonella Sp.)

Tri Wahyuni (2019) Aktivitas Antibakteri Yang Dihasilkan Oleh Bakteri Asam Laktat Dari Produk Perikanan Terhadap Bakteri Food Borne Disease (Eschericia Coli,Staphylococcus Aureus, Dan Salmonella Sp.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
PK.THP.35-19 Wah a abstrak.pdf

Download (377kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
PK.THP.35-19 Wah a daftar isi.pdf

Download (404kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PK.THP.35-19 Wah a daftar pustaka.pdf

Download (492kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK.THP.35-19 Wah a full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan yang telah mati umumnya mudah mengalami proses pembusukan lebih cepat karena adanya kandungan bakteri dan perubahan kimiawi pada ikan (Marpaung, 2015). Selain pembusukan kasus kontaminasi produk perikanan juga cukup tinggi. Beberapa contoh jenis bakteri yang sering mengkontaminasi produk yaitu bakteri Salmonella sp., Eschericia coli, dan Staphylococcus aureus. Menurut Melawati, dkk. (2019) menyatakan bahwa cemaran bakteri Salmonella sp., Staphylococcus aureus, Shigella sp., dan Vibrio sp. pada produk dapat menyebabkan food borne disease. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menghambat proses pembusukkan pada produk-produk perikanan yaitu dengan dilakukannya pengawetan (Habibah, 2013). Bahan pengawet sintetis yang umumnya sering digunakan yaitu formalin dan sodium benzoat. Penggunaan formalin sudah dilarang dalam makanan berdasarkan Permenkes RI No. 722/Menkes/Per/IX/1998. Sehingga perlu dilakukan upaya lain untuk mengurangi penggunaan bahan kimia pada pangan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan agen biopreservatif seperti (BAL). BAL mampu menghasilkan metabolit sekunder berupa asam organik (asam laktat dan asam asetat), hidrogen peroksida, diasetil dan bakteriosin yang dapat menghambat aktivitas bakteri patogen pada pangan (Desniar, dkk., 2012). Menurut penelitian Yang et al. (2014) mampu membunuh bakteri Escherichia coli, Salmonella typhimurium, Staphylococcus aureus, dan Listeria monocytogenes. Potensi BAL yang cukup tinggi digunakan sebagai biopreservatif dan dapat pula digunakan sebagai pengawet alami yang aman digunakan. Produk perikanan yang dapat diisolasi BAL cukup banyak, namun masih terdapat beberapa produk yang belum dieksplorasi seperti ikan asin, ikan jambal dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.THP.35/19 Wah a
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS ANTIBAKTERI,BAKTERI ASAM LAKTAT,PRODUK PERIKANAN,BAKTERI FOOD BORNE DISEASE (Eschericia coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella sp.)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Tri WahyuniNIM141511233062
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarnoNIDN0013075504
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 01 Feb 2020 08:18
Last Modified: 01 Feb 2020 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92940
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item