PENGARUH INTERVENSI EDUKASI MENGGUNAKAN VIDEO DENGAN PENDEKATAN FAMILY CENTERED NURSING TERHADAP KEMAMPUAN CAREGIVER MERAWAT KLIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT DAERAH MADANI PROVINSI SULAWESI TENGAH

DINA PALAYUKAN SINGKALI (2019) PENGARUH INTERVENSI EDUKASI MENGGUNAKAN VIDEO DENGAN PENDEKATAN FAMILY CENTERED NURSING TERHADAP KEMAMPUAN CAREGIVER MERAWAT KLIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT DAERAH MADANI PROVINSI SULAWESI TENGAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 64 19 Sin p ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
TKP 64 19 Sin p DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
TKP 64 19 Sin p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 64 19 Sin p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kemampuan keluarga merawat klien skizofrenia masih kurang, dapat dilihat dari lihat dari tingginya angkah kekambuhan klien Skizofrenia di Indonesia setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Sikap negatif keluarga yang menganggap klien sebagai beban sehingga klien diisolasi keluarga bahkan sampai dipasung. Keadaan pasien yang membaik dilanjutkan dengan rawat jalan. Ironisnya, pemulangan pasien Skizofrenia pada keluarga menimbulkan permasalahan yang baru, seperti klien selama di rumah dilarang keluar kamar dan klien selalu diawasi dengan sikap curiga jika melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Edukasi diharapkan dapat melatih keterampilan caregiver dalam merawat skizofrenia, sehingga dapat mencegah kekambuhan klien skizofrenia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasy-experiment pretest – posttest with control group design. dilakukan pada 70 caregiver klien skizofrenia di Rumah Sakit Daerah Madani Provinsi sulawesi Tengah. Responden dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kontrol mendapat edukasi sesuai standar rumah sakit, kelompok perlakuan disamping edukasi sesuai standar rumah sakit (ceramah) juga diberikan edukasi menggunakan video. Hasil : Analisis uji Mann Whitney dan Wilcoxon melatih klien memenuhi kebutuhan ADL memiliki nilai signifikan p=0,000 (p<0,05), kepatuhan minum obat memiliki nilai signifikan p=0,001 (p<0,05), mencegah kekambuhan memiliki nilai signifikan p=0,000 (p<0,05), interaksi sosial memiliki nilai signifikan p=0,000 (p<0,05). artinya secara umum ada pengaruh intervensi edukasi mengguankan video terhadap peningkatan kemampuan caregiver merawat klien skizofrenia.. Pembahasan : edukasi menggunakan video dapat meningkatkan kemampuan caregiver melatih klien skizofrenia memenuhi kebutuhan ADL, seperti duduk makan minum bersama, melibatkan klien menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Klien teratur minum obat dimana caregiver terlibat dalam mengatur obat klien dan memastikan klien minum obat. Caregiver dapat mencegah kekambuhan dengan melibatkan klien dalam kegiatan keluarga dan melatih klien melakukan interaksi sosial dimulai dari dalam keluarga dan masyarakat sekitar. Kesimpulan: intervensi edukasi video dapat meningkatkan kemampuan caregiver merawat klien skizofrenia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 64/19 Sin p
Uncontrolled Keywords: edukasi, video, kemampuan, keluarga, skizofrenia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
DINA PALAYUKAN SINGKALINIM131714153097
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendy Muagiri MargonoNIDN8829700016
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:27
Last Modified: 20 Dec 2019 03:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item