PENGARUH KOMBINASI AROMA ESSENTIAL OIL JAHE DAN TEKNIK RELAKSASI AKUPRESUR TITIK MERIDIAN PC6 TERHADAP MUAL MUNTAH, KENYAMANAN, ANOREKSIA PADA PASIEN KANKER PASCA KEMOTERAPI

GUSTINI (2019) PENGARUH KOMBINASI AROMA ESSENTIAL OIL JAHE DAN TEKNIK RELAKSASI AKUPRESUR TITIK MERIDIAN PC6 TERHADAP MUAL MUNTAH, KENYAMANAN, ANOREKSIA PADA PASIEN KANKER PASCA KEMOTERAPI. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.17-19 Gus p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahaluan: Intervensi aroma essential oil jahe dan teknik relaksasi akupresur itik meridian PC6 dapat menurunkan mual munah, meningkatkan kenyamanan dan menurunkan anoreksia, namun belum ditemukan adanya penelitian yang membuktikan efektivitas jika kedua intervensi ini digabungkan untuk mengatasi mual muntah, kenyamanan, anoreksia. Tujuan penelitian adalah menjelaskan pengaruh kombinasi kombinasi aroma essential oil jahe dan teknik relaksasi akupresur titik meridian PC6 terhadap mual muntah, kenyamanan dan anoreksia. Metode: Kuantitatif dengan desain penelitian Quasy Experiment dengan pre-post test control group design di RSUP Makassar. Populasi penelitian ini klien kanker pasca kemoterapi yang mengalami mual muntah. Metode sampling yang digunakan nonprobability consecutive sampling, terdiri dari 120 responden sesuai dengan kriteria inklusi. Variabel penelitiannya adalah aroma essential oil jahe, teknik relaksasi akupresur titik meridian PC6, mual muntah, kenyamanan, anoreksia. Instrumen yang digunakan kuesioner INVR, GCQ dan kuesioner anoreksia, skala numerik, dan dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil: terdapat penurunan mual muntah p0,000 (p>0,05), peningkatan kenyamanan p0,000 (p>0,05), penurunan anoreksia p0,000 (p>0,05) sebelum dan sesudah intervensi kombinasi aroma essential oil jahe dan teknik relaksasi akupresur titik meridian PC6. Kesimpulan: Kombinasi aroma essential oil jahe dan teknik relaksasi akupresur titik meridian PC6 adalah salah satu intervensi alternatif yang efektif terhadap penurunan mual muntah, meningkatkan kenyamanan, penurunan anoreksia pada pasien kanker.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.17-19 Gus p
Uncontrolled Keywords: Akupresur, Anoreksia, Jahe, Kenyamanan, Kemoterapi, Mual muntah.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM260-263 Chemotherapy
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
GUSTININIM131714153022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTintin SukartiniNIDN0017127202
Thesis advisorIlya KrisnanaNIDN0028098106
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Dec 2019 05:31
Last Modified: 20 Dec 2019 05:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item