PEMANFAATAN MINYAK OREGANO (Origanum vulgare) SEBAGAI BAHAN ANESTESI IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TRANSPORTASI SISTEM KERING DENGAN PADAT TEBAR YANG BERBEDA

IKA SHALIHA OKTAVIA (2019) PEMANFAATAN MINYAK OREGANO (Origanum vulgare) SEBAGAI BAHAN ANESTESI IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TRANSPORTASI SISTEM KERING DENGAN PADAT TEBAR YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK. BP. 131-19 Okt p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 December 2022.

Download (647kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Nila (Oreochromis niloticus) merupakan ikan yang dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat penggemar ikan air tawar (Kris dkk., 2017) dan memiliki potensi untuk dipasarkan dalam keadaan hidup. Salah satu kegiatan dalam proses pendistribusian ikan adalah dengan transportasi atau pengangkutan. Transportasi sistem kering dapat menjadi pilihan untuk distribusi Ikan Nila karena tanpa menggunakan media air sehingga lebih praktis. Transportasi ikan hidup sistem kering perlu dilakukan proses pemingsanan sebelum dilakukan pengangkutan untuk meminimalisir stres pada ikan. Zat anestesi yang digunakan berupa minyak oregano (Tsuchiya, 2017). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas minyak oregano (Origanum vulgare) sebagai bahan anestesi terhadap kelulushidupan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) saat ditransportasikan dengan padat tebar yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisa statistik menggunakan Analysis of Varian (Anova) untuk mengetahui pengaruh perlakuan dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Duncan. Pemberian minyak oregano sebagai bahan anestesi dilakukan selama 6 jam transportasi, rentang waktu pengamatan pada jam ke-2, ke-4, dan ke-6 dengan padat tebar yang berbeda menunjukkan bahwa minyak oregano sebagai bahan anestesi tidak memberikan pengaruh terhadap kelulushidupan Ikan Nila (Oreochromis niloticus).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. B. 131/19 Okt p
Uncontrolled Keywords: Minyak oregano; anestesi
Subjects: R Medicine > RD Surgery
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
IKA SHALIHA OKTAVIANIM141511133044
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaksmi SulmartiwiNIDN0003027202
Thesis advisorLuthfiana Aprilianita SariNIDN0014048704
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:28
Last Modified: 20 Dec 2019 07:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item