HUBUNGAN KONSENTRASI BAHAN ORGANIK TERHADAP STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI SUNGAI KANCENG, DESA MANERON, KECAMATAN SEPULU, KABUPATEN BANGKALAN

AHMAD JAMIL ABDUNNASIR (2019) HUBUNGAN KONSENTRASI BAHAN ORGANIK TERHADAP STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI SUNGAI KANCENG, DESA MANERON, KECAMATAN SEPULU, KABUPATEN BANGKALAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK. BP. 161-19 Abd h.pdf
Restricted to Registered users only until 23 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sungai memiliki fungsi penting bagi kehidupan. Aktivitas masyarakat di sekitar sungai dapat berdampak negatif terhadap kualitas perairan akibat pembuangan limbah secara langsung baik limbah domestik yang berasal dari pemukiman maupun limbah budidaya yang berasal dari kegiatan pertambakan sehingga menyebabkan pencemaran. Sungai Kanceng merupakan salah satu sungai di Desa Maneron, Kecamatan Sepulu dimana sebagian besar kegiatan yang dilakukan di sekitar sungai tersebut adalah budidaya vaname intensif sehingga berpotensi mencemari sungai akibat effluent atau limbah organik. Bahan organik yang masuk ke dalam perairan akan menjadi sumber nutrien bagi plankton. Plankton merupakan mikroorganisme melayang di permukaan air yang selalu terbawa arus karena kemampuan renangnya terbatas. Plankton memiliki batas toleransi tertentu terhadap faktor fisika kimia sehingga akan membentuk struktur komunitas plankton yang berbeda. Bahan organik dalam perairan dapat ditinjau dari nilai BOD (Biochemical Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand). Konsentrasi BOD dan COD dapat mempengaruhi keberadaan plankton dan menentukan tingkat pencemaran perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas plankton berdasarkan konsentrasi bahan organik berupa BOD dan COD di Sungai Kanceng serta kaitannya dengan kualitas perairan di sungai tersebut. Penelitian observasi ini menggunakan metode survei atau deskriptif. Penentuan titik/stasiun pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Pengambilan sampel dilakukan di tiga stasiun dengan tiga kali ulangan selama tiga minggu. Analisis hasil penelitian dilakukan pada data parameter utama meliputi konsentrasi bahan organik (BOD dan COD), kelimpahan plankton, jenis plankton, keanekaragaman plankton, dan dominasi plankton serta parameter kualitas air pendukung. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari konsentrasi bahan organik (BOD dan COD) yang tinggi terhadap struktur komunitas plankton di Sungai Kanceng, ditunjukkan dengan keanekaragaman yang rendah hingga moderat, dominansi yang tinggi, dan keseragaman yang rendah serta tingginya komposisi jenis fitoplankton tertentu pada setiap pengamatan yang menyebabkan kondisi sungai tidak stabil dan kualitas perairannya relatif buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP. 161/19 Abd h
Uncontrolled Keywords: Plankton;bahan organik
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD419-428 Water pollution
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD JAMIL ABDUNNASIRNIM141511133095
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya RahardjaNIDN0017015803
Thesis advisorDaruti Dinda NindarwiNIDN0029098301
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:22
Last Modified: 23 Dec 2019 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item