PERBEDAAN BAHAN IRIGASI EKSTRAK RED PINE (Pinus densiflora) DAN EKSTRAK GREEN PINE (Pinus merkusii) TERHADAP KEBERSIHAN DINDING SALURAN AKAR

YULINE KRISHARTINI (2019) PERBEDAAN BAHAN IRIGASI EKSTRAK RED PINE (Pinus densiflora) DAN EKSTRAK GREEN PINE (Pinus merkusii) TERHADAP KEBERSIHAN DINDING SALURAN AKAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG 167 19 Kri p ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
KG 167 19 Kri p DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
KG 167 19 Kri p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 167 19 Kri p.pdf
Restricted to Registered users only until 26 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Smear layer merupakan akumulasi dari bahan organik didalam pulpa, debris, dan bahan anorganik pada dentin yang melekat pada dinding saluran akar. Bahan irigasi harus dapat menghilangkan bahan organik dan anorganik. Bahan alami seperti pinus memiliki kandungan saponin yang dapat melarutkan bahan organik dan anorganik. Korea merupakan negara yang telah menggunakan tanaman pinus dalam hal ini red pine sebagai medikamen anti bakteri. Di Indonesia juga terdapat tanaman pinus jenis green pine. Tujuan: Untuk menjelaskan perbedaan kebersihan saluran akar gigi setelah dilakukan irigasi menggunakan ekstrak red pine (Pinus densiflora) dan green pine (Pinus merkusii). Metode: Penelitian ini menggunakan dua puluh tujuh gigi premolar rahang bawah yang dibagi menjadi 3 kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri atas 9 gigi premolar. Semua sampel dipreparasi menggunakan ProTaper for Hand Use dan diirigasi. Kelompok I dilakukan irigasi menggunaakan NaOCl 2,5%, kelompok II dilakukan irigasi dengan ekstrak red pine, dan kelompok III diirigasi menggunakan ekstrak green pine. Gigi yang telah dipreparasi, dipotong vertikal menjadi 2 dan dipotong horizontal pada bagian 1/3 apikal. Permukaan saluran akar diamati menggunakan scanning electron microscope. Photomicrograph dinilai oleh tiga orang pengamat menggunakan skor dan lilakukan uji analisis. Hasil: Tidak didapatkan perbedaan anatara red pine (Pinus densiflora) dan green pine (Pinus merkusii) dalam kebersihan saluran akar dengan nilai signifikansi 0,169 (p>0,005) Simpulan: Ekstrak red pine memiliki daya pembersih smear layer yang sama dengan ekstrak green pine.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.167/19 Kri p
Uncontrolled Keywords: Kebersihan saluran akar, Pinus densiflora, Pinus merkusii, smear layer
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
YULINE KRISHARTININIM021611133124
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustin W.NIDN0020087102
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:16
Last Modified: 26 Dec 2019 06:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item