PENGARUH EDUKASI MENYIKAT GIGI DENGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP OHI-S ANAK DOWN SYNDROME

Natasha Winona Audrey (2019) PENGARUH EDUKASI MENYIKAT GIGI DENGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP OHI-S ANAK DOWN SYNDROME. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
KG.140-19 Aud p abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KG.140-19 Aud p daftar isi.pdf

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KG.140-19 Aud p daftar pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text (FULL TEXT)
KG.140-19 Aud p full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://www.library@lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Down Syndrome adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh adanya kromosom berjumlah 47, dengan kromosom trisomi 21. Kromosom trisomi 21 menyebabkan adanya anomali struktural dan fungsional dari sistem tubuh serta kondisi kecerdasan yang terbatas. Meskipun anak DS memiliki keterbatasan intelektual dan komunikasi verbal, namun mereka memiliki kemampuan lebih dalam menangkap instruksi secara visual. Metode pembelajaran secara audio-visual juga tepat untuk diterapkan pada anak DS karena media tersebut dapat menstimulasi indera penglihatan dan pendengaran. Berdasarkan kondisi anak DS tersebut dan upaya meningkatkan oral hygiene anak DS, peneliti ingin mengetahui pengaruh edukasi menyikat gigi dengan video animasi terhadap OHI-S pada anak dengan DS bila dibandingkan dengan metode manual dengan bantuan phantom. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi menyikat gigi dengan video animasi terhadap OHI-S anak Down Syndrome. Metode: Sampel penelitian adalah 34 anak Down Syndrome berusia 6-19 tahun dari komunitas POTADS. Dilakukan pencatatan OHI-S sebelum dan setelah sampel diedukasi menyikat gigi dengan video animasi dan phantom. Video animasi yang digunakan berjenis kartun dan berdurasi 2 menit. Hasil: Hasil uji statistik Mann-Whitney yaitu (p > 0,05), bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada penurunan skor OHI-S antara anak Down Syndrome yang diedukasi dengan video animasi dan phantom. Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh signifikan OHI-S anak Down Syndrome yang diedukasi dengan video animasi maupun phantom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.140/19 Aud p
Uncontrolled Keywords: Down Syndrome, Edukasi, Video Animasi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Natasha Winona AudreyNIM021611133027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTania SaskiantiNIDN0013017708
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 17 Feb 2020 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item