EVALUASI ANTI SELULARITAS DAN SIFAT FISIK DEMINERALIZED DENTINE MATERIAL MEMBRANE MELALUI UJI HPA, SWELLING, DEGRADASI, TENSILE STRENGTH

Annisa Zahra Nurlaili (2019) EVALUASI ANTI SELULARITAS DAN SIFAT FISIK DEMINERALIZED DENTINE MATERIAL MEMBRANE MELALUI UJI HPA, SWELLING, DEGRADASI, TENSILE STRENGTH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
KG.139-19 Nue e abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KG.139-19 Nue e daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KG.139-19 Nue e daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (FULL TEXT)
KG.139-19 Nue e full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://www.library@lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Pada proses penyembuhan tulang terjadi dua proses, yaitu penyembuhan jaringan lunak dan jaringan keras. Proliferasi fibroblast pada jaringan lunak terjadi relatif lebih cepat dibanding penyembuhan jaringan keras. Untuk itu, Guided Bone regeneration (GBR) diperlukan sebagai barrier agar tidak terjadi intervensi antar keduanya. Dalam penelitian ini membrane dibuat menggunakan dentine sapi sebagai bahan utama karena pengambilan sampel yang mudah, harga yang terjangkau, serta kandungan dentine yang bermanfaat. Tujuan : Membuktikan bahwa Demineralized Dentine Material Membrane (DDMM) dapat digunakan sebagai GBR yang baik. Metode : Sampel DDMM dibagi kedalam empat uji. Pada uji tensile strength, membrane diuji menggunakan Dynamic Mechanical Analyzer (DMA). Pada uji swelling dan degradasi, membrane diuji dengan perendaman dalam PBS selama 24 jam dan 28 hari. Pada uji anti selularitas, dilakukan pengecatan HE pada membrane. Analisa data dilakukan menggunakan Independent T-test dan Paired Simple T-test. Hasil : Pada uji tensile strength ditemukan perbedaan signifikan pada kelompok DDMM terhadap Jason Membrane (p=0,01;p<0,05). Pada uji swelling dan degradasi tampak perbedaan signifikan antar dua kelompok (p=0,023;p=0,00). Pada pengecatan HE tidak tampak sel odontoblas. Kesimpulan : DDMM memiliki kemampuan tensile strength, swelling, degradasi dan sifat anti selularitas yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.139/19 Nue e
Uncontrolled Keywords: Demineralized Dentine Material Membrane, Guided Bone Regeneration, Membrane
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
Annisa Zahra NurlailiNIM021611133151
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPratiwi SoesilawatiNIDN0022116903
Thesis advisorTantianaNIDN0006066007
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 17 Feb 2020 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item